Mitos-Mitos Ini Dipercaya Bisa Batalkan Puasa

Ilustrasi Puasa. (Sumber;internet)

IDNJurnl - Momen puasa akan segera tiba, tinggal menghitung hari saja. Bagi yang menjalankan ibadah puasa, saat kecil Anda tentu pernah mengetahui berbagai mitos yang katanya bisa membatalkan puasa itu sendiri.

Tak hanya di kalangan anak-anak, beberapa mitos ini bahkan sering diungkapkan olah para orangtua. Tujuannya tentu jelas, untuk membuat Anda lebih rajin dan tidak membatalkan puasa di saat kecil dulu.

Namun pada kenyataannya, sebagian dari kita dulu mungkin justru memercayai mitos-mitos ini, meskipun jelas mitos tersebut tidak berdasar sama sekali. Namun seiring dengan berlalunya waktu, Anda tentu mulai menyadari bahwa berbagai mitos tersebut tidak benar dan bahkan terkesan sedikit lucu, bukan?

Simak beberapa mitos berikut ini, yang banyak dipercaya bisa membuat batal puasa seperti dikutip dari Cermati.com:

Menangis di Saat Puasa


Mitos yang satu ini mungkin menjadi yang paling sering Anda dengar di bulan puasa, yakni puasamu akan batal jika menangis. Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa tidak boleh menangis saat berpuasa.

Namun pada kenyataannya, menangis dan puasa bahkan tak ada hubungannya, apalagi membuat batal puasamu. Hal ini mungkin saja banyak diungkapkan di masa kecil, agar tidak menangis dan sekaligus tidak membuat puasamu batal.

Kumur-Kumur saat Sedang Puasa


Kebanyakan orang akan menghindari aktifitas yang satu ini saat berpuasa, sebab kumur-kumur dianggap bisa membatalkan puasa. Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, kumur-kumur ini bahkan tak berpengaruh sama sekali dengan puasa yang Anda jalankan.

Kumur-kumur boleh saja, asalkan air berkumurnya tidak sampai Anda telan. Air berkumur yang tertelan inilah yang bisa membatalkan puasamu, apalagi kalau sampai tertelan setengah gayung.

Gosok Gigi di Saat Berpuasa


Banyak orang yang percaya bahwa menggosok gigi saat berpuasa, bisa membatalkan puasanya. Padahal kenyataannya, aktifitas yang satu ini tidak dilarang sama sekali. Meski hukumnya makruh, namun menggosok gigi saat sedang berpuasa tidaklah dilarang, selama tidak ada cairan yang tertelan saat melakukan aktifitas yang satu ini.

Namun meski begitu, kebanyakan orang sepertinya masih tetap menghindari aktifitas ini saat berpuasa dan memilih melakukannya setelah berbuka puasa saja. Padahal, dengan menggosok gigi itu bisa membuat aroma segar pada mulut saat berpuasa, bukan?

Disuntik saat Berpuasa


Ada banyak orang yang menolak untuk disuntik saat sedang berpuasa, sebab aktifitas yang satu ini dianggap bisa membatalkan puasa. Padahal kenyataannya, cairan yang disuntikkan ke dalam tubuh dengan tujuan pengobatan, tidak akan membatalkan puasa itu sendiri.

Berbohong saat Berpuasa


Berbohong ketika sedang berpuasa, akan membatalkan puasa yang Anda lakukan. Hal ini mungkin menjadi mitos lainnya yang begitu familiar pada pendengaran, setelah mitos menangis bisa membatalkan puasa. Berbohong merupakan salah satu tindakan yang tidak benar dan membuat kita berdosa, itulah mengapa hal ini selalu dilarang.

Namun meski menimbulkan dosa, bukan berarti berbohong akan membuat batal puasa Anda tentunya. Akan tetapi hal ini justru akan mengurangi pahala yang Anda dapatkan selama berpuasa.

Menggunakan Obat Tetes Mata


Menggunakan obat tetes mata saat berpuasa, akan membuat puasa Anda batal. Obat tetes mata yang berupa cairan ini memang masuk ke dalam tubuh Anda atau tapatnya ke dalam mata. Namun yang jelas, cairan ini tentu tidak ditelan ketika menggunakannya, bukan? Artinya, puasa Anda tidak akan batal, hanya karena meneteskan cairan obat ini pada kedua mata.

Berisik
Kalau berisik dan tidak bisa diam, maka puasa akan batal dan tidak medapatkan pahala. Mitos yang satu ini sering diucapkan orangtua kepada anak-anaknya, barangkali Anda juga mendengarnya saat masih kecil. Kenyataannya, aktifitas seperti ini akan membuat Anda aktif dan banyak bicara, sehingga rentan haus dan mungkin akan berniat untuk membatalkan puasa.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...