Eksbis

Pertamina Mulai Bangun 36 Ribu Jargas Bumi Rumah Tangga Komersial di Bintaro

sumber;internet

JAKARTA - Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk bersama Anak Perusahaan yakni PT PGAS Solution wujudkan pembangunan jaringan gas bumi (jargas) untuk melayani kebutuhan rumah tangga, pelanggan kecil, dan komersial di wilayah Bintaro Tangerang Selatan.  Pembangunan akan dilakukan di Perumahan Villa Melati Mas, Perumahan Graha Raya, dan Perumahan Bintaro Jaya.

Pembangunan ditargetkan mencapai 35.749 Sambungan Rumah (SR), 203 pelanggan kecil (UMKM), dan 38 komersial. Guna memudahkan penyaluran gas, akan dibangun pipa dedicated ± 37 KM dari jalur pipa eksisting menuju Kawasan Bintaro secara bertahap. Pembangunan ini juga menjadi tindak lanjut dari kerjasama PGN dengan PT Jaya Real Property Tbk (JRP) untuk pengembangan jargas rumah tangga dan komersial di kawasan Bintaro.

“PGN mengharapkan dukungan semua pihak, khususnya pemerintah setempat dan masyarakat setempat untuk keberhasilan jargas. Keberhasilan jargas akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan pelaku usaha di sekitaran Perumahan Villa Melati Mas, Perumahan Graha Raya, dan Perumahan Bintaro Jaya di Tangerang Selatan, karena akan menghemat belanja rumah tangga dan membantu menghemat biaya energi pelaku usaha,” ujar Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar, (23/2/2023).

Sejak 2021 hingga tahun 2023 ini, PGN telah melaksanakan pembangunan di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon sebanyak 138.473 SRT. “PGN terus berupaya untuk meningkatkan jumlah pemanfaat jargas di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan sekitarnya. Harapannya, penambahan jaringan pipa transmisi, pipa distribusi beserta infrastruktur pendukungnya juga berjalan lancar agar dapat meningkatkan akses gas bumi,” ujar Achmad.

Pembangunan Jargas merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional dan diamanatkan pemerintah kepada PGN dalam rangka mendukung kebijakan mengurangi subsidi atas impor energi dan mengurangi emisi CO2. PGN menargetkan pembangunan 400.000 SR per tahun dengan skema investasi internal PGN.

“PGAS Solution menjalankan pembangunan jargas di Kawasan Bintaro ini dengan profesional, sesuai aturan dan standar keamanan yang berlaku. Bersama dengan dukungan berbagai pihak dan masyarakat, diharapkan dapat memudahkan kami dalam menghadapi tantangan ataupun kendala selama kontruksi jaringan gas. Tidak terbatas selama kontruksi, namun juga saat maintenance ketika jargas sudah beroperasi nanti,” ujar Direktur Utama PGAS Solution Sabaruddin.

Sebagai bagian dari Holding Migas Pertamina, PGN Group berkomitmen menjalankan pembangunan jargas rumah tangga. Nilai lebih dari gas bumi yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan, dapat meningkatkan value untuk mendukung perekonomian masyarakat. Dengan peningkatan value tersebut, maka PGN terpacu untuk menambah penyaluran volume gas baik untuk rumah tangga, UMKM, komersial, maupun industri.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...