Mudik 2018

Pekan Ini Puncak, 5,9 Juta Pemudik 'Lewat' Angkasa

Ilustrasi bandara sibuk saat mudik. (sumber;internet)

SLEMAN - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso menyebutkan puncak arus mudik Lebaran 2018 yang memanfaatkan angkutan udara terjadi akhir pekan ini. Arus mudik terbanyak berasal dari bandara di wilayah Joglosemar (Jogja, Solo dan Semarang) dan Surabaya.

"Prediksi puncak arus mudik angkutan udara pada hari kemarin dan hari ini. Seperti di Yogya ini, puncaknya kemarin sebanyak 28.600 penumpang, ada lonjakan 30 persen. Untuk hari ini (penumpang Adisutjipto) masih dihitung nanti malam," kata Agus, di sela meninjau arus mudik di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Kemarin.

"Prediksi arus mudik sekitar 5,9 juta penumpang, naik 10 persen dibandingkan tahun kemarin," sambungnya. 

Menurut Agus, bandara yang jumlah penumpangnya cukup banyak yakni Bandara Adisutjipto, Bandara Ahmad Yani Semarang, Adisoemarmo Boyolali, dan Bandara Juanda Surabaya. 

"Bandara besar kedatangannya, bandara di Joglosemar dan Surabaya. Denpasar banyak juga, (masyarakatnya) tidak merayakan Lebaran tapi juga banyak lonjakan penumpang saat libur Lebaran," jelasnya.

Dalam arus mudik Lebaran ini, lanjut Agus, terdapat rute penerbangan sebanyak 360 rute dan 36 bandara yang memberi pelayanan mudik Lebaran. Dengan jumlah pesawat sebanyak 538 pesawat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...