OtoTech

Studi: Anak Laki Lebih Pintar dari Perempuan

Illustrasi anak laki-laki dan anak perempuan (sumber:internet)

IDNJurnal - Sebuah penelitian mengatakan bahwa lebih banyak laki-laki daripada perempuan merasa dirinya lebih pintar. Studi ini dilakukan oleh Universitas Arizona, Amerika Serikat, yang meneliti mahasiswa di sebuah kelas mata kuliah biologi.

"Saya akan bertanya ke mahasiswa tentang bagaimana kelas mereka berjalan dan saya melihat sebuah tren. Selalu perempuan memberitahu saya bahwa mereka takut murid lain berpikir mereka bodoh. Saya tidak pernah mendengar hal ini dari para laki-laki di kelas yang sama. Ini yang menarik buat saya teliti," ujar Kepala Tim Peneliti, Katelyn Cooper, dilansir situs IFL Science, Ahad (8/4/2018).

Cooper dan para peneliti berbicara kepada 250 orang yang mengambil kelas biologi. Mereka harus mengestimasi kepintaran mereka dan membandingkannya dengan murid lain di kelas tersebut, termasuk murid yang sering mereka ajak bekerjasama.

Alhasil, para murid laki-laki kebanyakan mengatakan mereka lebih pintar dari sekitar 66 persen di kelas. Sedangkan, perempuan hanya 54 persen. Padahal, baik pria dan perempuan, memiliki indeks prestasi sama-sama 3,3. Cooper juga menemukan bahwa dalam kelas biologi murid perempuan lebih banyak tidak berinteraksi aktif.

"Mungkin saja mereka berpikir tidak cukup pintar atau pola pikir ini sudah ada sejak awal para perempuan masuk ke kelas tersebut," paparnya.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...