Life

Makan Junk Food saat Berbuka Puasa? Hindari Segera

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Selama sebulan ke depan, berbuka puasa menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Nah, pada momen berbuka puasa inilah berbagai jenis makanan, mulai dari menu makanan sederhana ala rumahan hingga menu berbuka khusus disediakan di restoran-restoran atau kafe-kafe.

Tentu ketika saat berbuka puasa tiba, kita rasanya ingin memakan semua menu makanan yang ada di meja. Tetapi perlu diingat, terutama bagi kamu yang gemar berbuka puasa di kafe atau restoran. Sebaiknya, hindari menu berbuka puasa dengan makanan junk food.

Junk food memang terlihat lezat dan menggugah selera, tetapi sekadar nikmat saja tidak cukup. Junk food memang sudah memiliki reputasi sebagai makanan yang enak, tetapi kurang baik bagi kesehatan. Bahkan jika dikonsumsi dengan jumlah banyak bisa memicu banyak masalah kesehatan. Benarkah begitu? Ini penjelasannya;

1. Asam lambung naik 
Junk food mengandung kadar lemak yang cukup tinggi, sehingga jika dikonsumsi, terutama setelah berpuasa seharian penuh akan menyebabkan gangguan kesehatan. Organ pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencerna junk food ini dengan sempurna dan seringkali junk food membuat regulasi asam lambung terganggu.

2. Menyebabkan sembelit 
Junk food tergolong makanan berat, sehingga ketika Sobat Sehat mengonsumsi junk food ini secara langsung setelah berpuasa seharian akan menyebabkan saluran pencernaan bekerja dengan sangat keras dan bisa mengganggu proses pencernaan. Selain itu junk food juga sedikit mengandung serat sehingga menyebabkan sulit buang air besar.

3. Menyebabkan kantuk 
Faktanya, meskipun junk food ini memang enak, tetapi kandungan gizi dan serat yang terkandung dalam junk food ini sangat rendah sehingga ketika mengonsumsi junk food sebagai menu berbuka puasa maka yang akan terjadi adalah tubuh merasa capek dan mengantuk. Hal ini tentu mengganggu aktifitas ibadah karena setelah berbuka puasa masih ada ibadah yang lainnya yaitu Salat Isya dan Tarawih.

Sebenarnya tidak ada masalah jika ingin tetap mengonsumsi junk food ketika berbuka, hanya saja lebih baik dengan porsi yang sedikit dan tetap didahului dengan air putih dan juga diimbangi dengan makanan yang kaya gizi dan serat sehingga tidak mengganggu pencernaan, sehingga ibadah puasa menjadi lebih khusyuk dan berkualitas.*

Artikel Aslinya . . . 



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...