News

Pertamina EP asset 1 Lirik Field bersama stakeholder Canangkan Lingkungan “Beriman”

Pihak Pertamina EP Lirik saat meninjau laporan adanya pencemaran limbah Latung di Desa Gudang Batu bersama DLH Inhu yang dipimpin langsung Kadis DLH, Selamat

Lirik – Kegiatan industri hulu migas di era digital seperti sekarang ini tidak hanya memperhatikan aspek financial (profit) saja, melainkan perlu diselaraskan dengan pengembangan sumber daya manusia (people) dan kelestarian lingkungan. 

Guna mewujudkan hal itu, Pertamina EP Lirik Field dengan melibatkan para pemangku kepentingan mencanangkan Bersih Rapih dan Aman di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu.Gerakan ini kemudian disingkat dengan “Beriman”.

Dalam aspek pengelolaan limbah, Pertamina EP Lirik Field telah menerapkan mekanisme yang sesuai dengan ketentuan UU No 32 tahun 2009 serta Peraturan Pemerintah No 101 tahun 2014, dimana segala bentuk limbah hasil kegiatan telah dilakukan pengelolaan melalui kerjasama dengan pihak ketiga berdasarkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menanggapi isu adanya limbah di sekitar Desa Gudang Batu, Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu, Pertamina EP Lirik Field bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLH) Indragiri Hulu dan unsur pimpinan Kecamatan Lirik melihat langsung lokasi dugaan temuan limbah yang biasa disebut latung di Desa Gudang Batu, beberapa waktu lalu.

“Sudah kami survey bersama DLH Kabupaten Indragiri Hulu dan sesuai dengan pendapat DLH bahwa tidak menunjukan bahaya yang signifikan di lapangan seperti yang sempat dikeluhkan warga kepada DLH.” terang Fikri Fardhian, Legal & Relation Assistant Manager Pertamina EP Lirik Field pada Jum’at (28/6) lalu.

Kegiatan operasional Pertamina EP Lirik Field merupakan kegiatan hulu migas yang dimulai sejak 1983 setelah menerima pengelolaan blok migas dari dari operator sebelumnya, dimana belum ada aturan baku terkait pengelolaan crude oil sesuai dengan undang-udang tentang lingkungan hidup seperti sekarang ini.

Meskipun demikian Pertamina EP Lirik Field diminta untuk tetap melakukan pengelolaan lingkungan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, termasuk melakukan pembersihan di area-area yang berpotensi terdapat temuan crude oil dan memperhatikan aspek lingkungan masyarakat sekitar wilayah operasi.

Sejalan dengan hal tersebut, Pertamina EP Lirik Field mengajak peran aktif masyarakat untuk bersama menjaga dan meningkatkan kualitas operasional migas yang bagus di Kecamatan Lirik. “Pertamina EP Lirik Field selalu mengedepankan aspek Health Safety Security Environment (HSSE), sehingga diharapkan dapat terwujud lingkungan bersih, rapih, dan aman (beriman) tentunya dengan dukungan masyarakat dan para pemangku kepentingan.” tegas Fikri.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...