Trashod

Pj Sekda Siapkan Danau Bandar Kayangan Jadi Objek Wisata Andalan

PEKANABRU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg MSi bersama tim OPD teknis dan PT Sarana Pembangunan Pekanbaru lakukan kunjungan ke Danau Wisata Bandar Kayangan, Jumat (2/10/2020). Lokasi itu bakal menjadi objek wisata andalan Pekanbaru.

"Kami bersama tim, Dispar, PUPR, BPKAD dan PT SPP lakukan survei lapangan untuk persiapan menjadikan danau ini sebagai wisata andalan di Kota Pekanbaru," kata Jamil.

Saat ini, kondisi kawasan itu sudah cukup baik dan sudah bisa segera difungsikan. Kawasan danau ini akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT SPP. Perusahaan itu diproyeksi bisa menggesa pembenahan objek wisata tersebut.

"Kondisi saat ini memang butuh pembenahan. Kita berharap lokasi yang ada dimanfaatkan dulu seiring pembenahan secara bertahap," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT SPP Heri Susanto menyebutkan, secara bertahap pihaknya akan melakukan berbagai pembenahan dan pembangunan sarana permainan di lokasi wisata alam tersebut.

"Sekarang kita mulai merapikan pinggiran sungai dan jalan menuju ke Bandar Kayangan," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk merapikan jalan, pihaknya selaku pengelola Danau Bandar Kayangan berharap dapat dibantu menggunakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.

"Dengan peninjauan Pak Sekda tadi bersama satker terkait, kita berharap bisa dibantu juga, seperti PUPR membantu merapikan jalan yang ada. Karena jalannya sekarang tu semak, sehingga bisa dirapikan menggunakan alat berat PUPR sehingga jalan masuk ke taman wisata bisa lebih nyaman dan aman," harapnya.

Setelah pinggiran danau dan jalan dirapikan, PT SPP akan melanjutkan pembangunan berbagai tempat permainan di kawasan Bandar Kayangan. "Karena dengan kondisi sekarang, kalau hanya danau saja, itu kan kurang menarik. Makanya akan dilanjutkan dengan pembangunan berbagai sarana permainan," jelasnya.

Ia menjelaskan, tempat permainan yang akan dibangun di Bandar Kayangan seperti jalur trek sepeda. "Nanti kita siapkan sepeda di situ sebagai tempat bermain. Kita juga akan buat rumput sintetis sehingga lebih cantik dan bersih," kata dia.

Selain itu, PT SPP juga akan buat tulisan Bandar Kayangan serta spot-spot berfoto. Jadi dalam jangka waktu beberapa bulan ini, pihaknya akan terus melakukan pembenahan dan secara bertahap akan dilanjutkan tahun depan.

Di tahun 2021, PT SPP berencana membangun tower tempat berfoto bagi pengunjung. "Tidak hanya itu, kita juga akan bangun wahana sepeda gantung, ayunan, wahana permainan air, paralayang dan lainnya," jelas dia.

Masih kata Heri, dari pengembangan yang telah dikonsep tersebut, PT SPP akan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga yang sebelumnya sudah menyatakan berminat berinvestasi di Bandar Kayangan. "Sekarang karena pandemi, mereka belum bisa masuk dan menunggu kondisi bisa membaik dari pandemi," terangnya.

Khusus untuk pembangunan sarana permainan anak, PT SPP meminta Dinas Pariwisata menertibkan terlebih dahulu fasilitas yang sudah ada di lokasi danau karena saat ini kondisinya sudah rusak.

"Karena kalau dibiarkan di situ, kami tidak bisa buat apa-apa. Sementara itu fasilitas yang ada sudah rusak. Jadi kami menjadi terganggu untuk membangun tempat bermain anak yang baru, makanya kita minta ketegasan dinas terkait, saranan bermain yang sudah rusak itu ditertibkan dulu," papar Heri.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...