News

DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan, RAPBD 2022 Capai Rp2,560T

PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru dan Pemko Pekanbaru, menyepakati Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 diangka Rp 2,560 Triliun. Hal itu disampaikan dalam rapat Paripurna Penyampaian Nota Keuangan R-APBD Pekanbaru Tahun 2022, di ruang Paripurna, Senin (15/11/2021).

Sekda Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, angka tersebut tidak jauh berbeda dari APBD Tahun 2021. Nilai total gambaran umum R-APBD tahun 2022 terdiri dari PAD, dana transfer dan pendapatan daerah lainnya.

"Kita sudah melakukan pembahasan oleh TAPD dan DPRD, makanya sudah sampai pada paripurna Penyampaian Nota Keuangan R-APBD Pekanbaru Tahun 2022," kata Jamil, kepada wartawan, usai paripurna.

Menurutnya, setelah disampaikan, nota keuangan ini kembali di bahas dalam banggar DPRD bersama OPD-OPD dan juga TAPD. "Intinya dapat mendudukkan apa saja yang akan dilaksanakan pada tahun 2022, dan apa saja yang menjadi prioritas, di paripurna kan sesuai jadwal, " paparnya lagi.

Hingga di paripurna kan nota keuangan ini, pembahasan berjalan lancar berkat kerja keras oleh semua pihak diharapkan semakin efektif ke depannya.

"Anggaran belanja tahun 2022, digunakan untuk urusan pemerintah, covid 19 serta untuk kepentingan masyarakat," ungkap Jamil.

Sesuai dengan Renja (rencana kerja), kata HM Jamil, anggaran ini juga untuk pemulihan ekonomi dan restrukturisasi struktural, maka pembangunan berjalan sesuai dengan sasaran dan target yang diutarakan tahun 2022.

Peningkatan investasi daerah, dan PAD diharapkan juga harus maksimal tahun 2022. Adanya sistem SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) yang dikeluarkan oleh Kemendagri, diyakini bisa menunjang penggunaan dalam hal keuangan daerah.

Sekda juga berharap hubungan eksekutif dengan legislatif yang kondusif, termasuk musyawarah, perlu dijaga. "Kami harapkan APBD 2022 bisa dibahas dan disetujui jadi Perda Kota Pekanbaru sesuai aturan yang berlaku. Karena ini untuk kepentingan masyarakat," harap Jamil.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri SE menyebutkan, setelah Paripurna Penyampaian Nota Keuangan R-APBD ini, pihaknya akan melaksanakan rapat Badan Anggar (Banggar). Hal ini untuk mensinkronisasikan draf nota keuangan yang disampaikan Pemko Pekanbaru.

"Target kita pengesahan APBD 2022 pada 25 November. Makanya, kita harapkan kawan-kawan bekerja maksimal. Agar semuanya sesuai progres," pinta Politisi Partai Demokrat ini.Dia juga menyampaikan di Banggar nanti akan dibahas lagi secara rinci. Lebih kurang angkanya masih sama seperti 2021.

"Untuk prioritas anggaran masih fokus pada penanganan dan penanggulangan covid-19, vaksinasi, dan juga pemilihan ekonomi, infrastruktur juga masih prioritas," jelasnya.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE di dampingi Wakil Ketua Ginda Burnama ST, serta dihadiri para anggota dewan lainnya. Hadir dalam paripurna ini, Walikota Pekanbaru, diwakili Sekdako HM Jamil serta para Kepala OPD, dan unsur Forkopimda Pekanbaru.(Gallery)



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...