Trashod

WSTBR 2022 Mengusung Cita-cita Gubri Jadikan Melayu Sebagai Payung Negeri

PEKANBARU - Workshop Seni Taman Budaya Riau (WSTBR) 2022 resmi dibuka kemarin, 7 Juni 2022 oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zein. Ratusan pekerja seni budaya dari seluruh Kabupaten Kota hadir dalam kegiatan yang mengkolaborasikan diskusi dan pementasan tersebut. Narasumber berkompeten juga dihadirkan guna meningkatkan pengetahuan terkait seni budaya yang mengusung tema Meriau-Riau. 

Narasumber benar-benar serius dalam memberikan materi, bahkan sebelum kegiatan seluruh narasumber melakukan pertemuan dan rapat bersama menyatukan arah kegiatan. Sebelum workshop dimulai, para narasumber dan asisten mengadakan rapat bersama di kantor UPT Taman Budaya Riau bersama seluruh panitia untuk menentukan materi hingga hasil akhir yang bisa didapatkan yakni berupa pertunjukan. Rapat itu sempat berlangsung alot. Masing-masing nara sumber mengeluarkan ide agar cara yang digunakan bisa maksimal dan efektif. 

Selain mencari konsep dan metode yang tepat untuk pelatihan selama tiga hari itu, para nara sumber juga sudah merencakan untuk membagi tida kelompok di satu bidang dengan satu kelompok diasuh oleh tiga nara sumber dan tiga asisten narasumber. Dengan kesepakatan ini, maka proses workshop langsung bisa dilaksanakan. 

"workshop ini merupakan salah satu implementasi misi keempat Gubernur Riau dan wakilnya, yakni menjadikan kebudayaan Melayu sebagai payung negeri, yang artinya, pelindung dari panas dan hujan. Tahun 2020 UNESCO sudah mentasbihkan bahwa kebudayaan sebagai kemudi pembangunan. Apa pun pembangunan yang dilakukan, berazaskan kebudayaan," terang Kepala Dinas Kebudayaan Yoserizal Zein.

Di bidang teater, materi yang disampaikan cukup banyak. Mulai dari teori dasar teater, keaktoran, penulisan naskah hingga penyutradaraan. Dari materi inilah yang kemudian menjadi modal dasar bagi peserta untuk membuat garapan baru dan dipresentasikan di depan narasumber dengan disaksikan oleh peserta lainnya. 

"Yang menggembirakan dari workshop ini adalah semangat peserta yang luar biasa. Dari awal sampai akhir, semua bersemangat. Mengikuti dengan seksama hingga mempraktekkan teori yang sudah diberikan dengan baik. Bukan penampilan seadanya, tapi diusahakan agar benar-benar sempurna. Mulai dari kostum, artistik panggung, musik hingga tiketting. Ada yang memakai tiket. Semoga workshop ini membuat dunia kesenian di Riau semakin bersemangat dan bergairah," ungkap Hang Kafrawi, salah seorang narasumber bidang teater.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...