News

Stok Blangko KTP Habis, Disdukcapil Pekanbaru Hanya Bisa Keluarkan Suket

Ilustrasi (sumber:Internet)

PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru menerbitkan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti sementara KTP elektronik. Hal ini karena stok blanko KTP elektronik habis.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita, mengatakan surat keterangan akan berlaku sampai tanggal 6 Januari mendatang atau sampai nantinya persediaan blanko KTP elektronik sudah mencukupi.

"Kalau dulu memang sampai 6 bulan masa berlaku suket. Namun sekarang masa berlakunya tidak sampai satu bulan. Kita berharap tanggal 6 Januari 2023 blangko sudah tersedia. Sehingga masyarakat yang sudah memiliki suket akan kita cetak KTP elektronik," ujar Irma, Rabu (7/11/2022).

Ketika ditanya apakah kondisi seperti ini sudah diprediksi sebelumnya. Irma mengaku jika sebelumnya di akhir tahun blangko hanya menipis saja. Namun, tahun ini tidak. 

"Sebelumnya stok blangko tetap ada, namun menipis. Tahun ini yang blangko KTP elektroniknya habis. Sebenarnya, kita sudah berusaha untuk berhemat. Bahkan ada masyarakat yang KTP rusak dan masih terbaca belum kita ganti. Kita berharap 6 Januari mendatang blangko untuk wilayah Pekanbaru sudah kembali tersedia," ujarnya.

Disampaikan Irma lagi, saat ini pihaknya sudah mengajukan permintaan blanko ke pusat, namun persediaan di pusat juga  menipis.

"Biasanya jika stok blanko KTP elektronik di pusat ada, permintaan Pekanbaru selalu dipenuhi. Sesuai arahan Ditjen Adminduk, bagi kabupaten kota yang persediaan blankonya habis, bisa menerbitkan surat keterangan pengganti KTP elektronik," ungkapnya.

Disampaikan Irma, adapun fungsi surat keterangan sendiri sama seperti KTP elektronik, juga tercatat di sistem Adminduk hanya KTP fisiknya saja yang tidak ada.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...