News

Dishub dan Satlantas Kerjasama Tindak Pelanggar Lalin yang Terekam ATCS

PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru bakal menghubungkan jaringan Inteligent Transport Sistem (ITS) atau kamera pengintai yang terpasang di 4 traffic light ke Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru.

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso melalui Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Edi Sofyan mengatakan, pengkoneksian jaringan ITS ke Satlantas bertujuan menindak pengguna lalu lintas yang melanggar.

"Saat ini untuk pelanggar masih kita berikan teguran melalui ruang kendali ATCS (Area Traffic Control System (ATCS). Kedepan akan langsung ditindak oleh Satlantas," katanya.

Disamping itu, sebut Edi, pihaknya juga berharap kamera pengintai milik Satlantas juga terkoneksi dengan jaringan ITS sehingga bisa melakukan pengawasan secara bersama khususnya di kawasan padat lalu lintas.

Kerjasama pengawasan lalu lintas, lanjut Edi, diperlukan mengingat kamera pengintai yang dimiliki Dishub masih terbatas.

"Jadi solusi sementara, kami akan bekerjasama dengan Satlantas Pekanbaru yang juga memiliki kamera pengintai agar saling terkoneksi. Jadi nanti, kami mensosialisasikan aturan berlalu lintas dan Satlantas melakukan penindakan," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Edi, ke-4 ITS milik Dishub tersebut terpasang di pertigaan Jalan Diponegoro-Jalan Gajah Mada, Bundaran Tugu Zapi, pertigaan Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai, serta pertigaan Jalan Sudirman dan Imam Munandar.

"Banyak perilaku pengendara yang terpantau seperti berhenti di zebra cross dan ada juga yang tidak mengenakan helm dan pelanggaran lainnya," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...