Ekonomi

Pemerintah Tambah Subsidi Solar Sampai Akhir 2018

Ilustrasi solar subsidi. (sumber;internet)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan menambah anggaran subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Tambahan subsidi ini diberlakukan terkait kebijakan pemerintah untuk menahan harga bensin.

"Untuk membantu Pertamina karena menahan harga premium dan solar. Tetapi mekanisme penambahan subsidi sampai akhir 2018 saja," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di kantornya, Rabu (2/5/2018).

Jonan belum bisa memastikan berapa tambahan nilai subsidi untuk bensin solar, karena masih dalam perhitungan pemerintah. Ia menjelaskan salah satu pertimbangan pemerintah memberi tambahan subsidi adalah karena harga minyak mentah yang terus bergerak naik jauh di atas asumsi Indonesian Crude Price (ICP).

Data terakhir Kementerian ESDM untuk ICP per Maret 2018 rata-ratanya adalah sebesar US$ 63,02 per barel, sementara asumsi makro ICP US$ 48 per barel. Sementara harga minyak dunia untuk jenis Brent bahkan sudah menyentuh US$ 72,86 per barel. 

Meski kebijakan pemerintah menahan harga bensin berlaku hingga 2019, kebijakan tambahan subsidi hanya turun hingga akhir 2018. Sementara untuk premium tak ada penambahan subsidi karena memang sudah dikeluarkan sebagai bensin bersubsidi sejak 2014. 

Tapi seperti diketahui, harga bensin premium juga terkena imbas kebijakan pemerintah menahan harga dan tak bisa disesuaikan dengan harga pasar. 

Alokasi subsidi untuk bensin solar di tahun ini adalah Rp 7,8 triliun untuk 15,6 juta kiloliter solar. Artinya, per liter bensin ini disubsidi Rp 500. Sempat terdapat wacana bahwa tambahan subsidi akan diberikan sebesar Rp 500 lagi, sehingga total subsidi yang dikucurkan pemerintah per liter menjadi Rp 1000 per liter.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...