News

Owa Jawa Lahir Caesar di TN Gunung Gede Pangrango

Owa Jawa. (sumber;internet)

JAKARTA - Seekor bayi owa Jawa lahir secara caesar di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sabtu (28/4/2018). Bayi owa Jawa itu lahir dengan selamat setelah melalui proses operasi caesar selama 1 jam 7 menit.

"Sekitar jam 23.30 WIB, lahir anakan satwa langka ikonik Jawa Barat, owa Jawa, di Javan Gibbon Center (JGC) Bodogol," ujar Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Djati Witjaksono Hadi dalam rilis yang diterima, Senin (30/4/2018). Bayi owa Jawa berjenis kelamin jantan tersebut diberi nama Billy. Dia lahir dari pasangan owa Jawa Boby (jantan) dan Joly (betina).

"Untuk pasangan Boby-Joly, Billy adalah anakan kedua mereka, setelah pada 2017 anakan pertamanya tidak bisa diselamatkan," kata Djati.

Saat ini terdapat 20 ekor owa Jawa yang menghuni JGC. Dua ekor keluarga di antaranya sudah siap dilepasliarkan.

"Yang membanggakan, JGC ini sepenuhnya dikelola oleh para ahli dan praktisi anak negeri tanpa campur tangan pihak asing," ungkapnya.

"JGC adalah pusat rehabilitasi owa Jawa yang dikelola secara kerja sama antara Balai Besar TNGGP, Conservation International (CI), dan Yayasan Owa Jawa (YoJ). JGC telah berhasil memulihkan dan memasangkan owa jawa rehabilitan untuk dilepasliarkan di habitat alaminya. Dua puluh individu owa Jawa telah berhasil dilepasliarkan," imbuhnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...