Eksbis

PGN Siap Realisasikan Jargas di Kota Jambi 2023

JAMBI - 

PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina akan merealisasikan pembangunan jaringan gas rumah tangga atau gas di Kota Jambi pada tahun 2023. Potensi jargas di Kota Jambi kurang lebih sebanyak 15.000 Sambungan Rumah (SR). Diharapkan program pembangunan jargas ini juga dapat menyasar sektor komersial seperti UMKM, restoran dan hotel sehingga manfaat gas bumi dapat lebih optimal dirasakan masyarakat dan dunia bisnis.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Jambi mengucapkan terima kasih kepada PGN. Saya beberapa waktu lalu bertemu PGN membahas terkait pembangunan jargas di Kota Jambi dan hari ini Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Mushtasyar hadir untuk menindaklanjuti rencana tersebut. Harapan masyarakat Jambi dapat sambungan gas. Kami siap mendukung program ini dan tahun 2023 ini mulai dilaksanakan. Semoga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari pelaksanaan ini,” ujar Wakil Wali Kota Jambi H. Maulana saat audiensi dengan PGN di Kantor Wali Kota Jambi, (12/01/2022).

Maulana juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Jambi mendukung penuh dalam hal perizinan, koordinasi dengan pihak pemerintah pusat, daerah tingkat 1 maupun pihak-pihak terkait lainnya.

Terdapat 11 kecamatan dan sudah dialiri jargas di Kota Jambi, diantaranya Kecamatan Jelutung, Kota Baru, Alam Barajo, Telanipura, dan Danau Sipin. Pemerintah Kota Jambi mendukung penuh untuk pembangunan jargas dan berkomitmen untuk penyediaan lahan infrastruktur, MRS, dan lain-lain. Program jargas dengan dana internal PGN akan melengkapi program City Gas dari pemerintah pusat.

Achmad menegaskan bahwa tahun 2023 ini, PGN merencanakan untuk menambah jargas di Kota Jambi. Prioritasnya, PGN akan mengembangkan dengan dana investasi internal PGN. Di sisi lain, PGN Grup juga melaksanakan pembangunan jargas dengan APBN.

“Pada kesempatan awal di Januari 2023 kami tindak lanjuti dengan bagaimana rencana kami ke depan untuk mengelola ataupun pengembangkan jargas. Tentunya, saat ini kami sedang menyusun timeline pelaksanaan pembangunan jargas di Kota Jambi. Kita akan laksanakan segera tahun 2023 ini, sesuai dengan yg sudah dicanangkan sebelumnya,” terang Achmad.

Pembangunan dan pengelolaan jargas di Kota Jambi nantinya akan dilaksanakan oleh PGN Area Palembang. Saat ini ada 10.506 SR pelanggan yang aktif, dengan sumber pasokan dari JOB Pertamina – Talisman Jambi. Untuk realisasi perluasan pembangunan ke depan, PGN Area Palembang terus melaksanakan survei kepada calon pelanggan.

PGN berharap, pertumbuhan penggunaan jargas di Kota Jambi juga dapat berimbas pada perluasan penggunaan gas bumi di sektor UMKM, komesial, hingga industri. Dengan demikian, dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Kelebihan gas bumi yang lebih efisien dari bahan bakar lainnya, sehingga bisa menghemat biaya produksi dan mendorong daya saing.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...