News

Pantau Harga Bahan Pokok, Pj Wali Kota Dan Wamendag RI Ke Pasar Limapuluh

PEKANBARU - Usai melakukan peninjauan sembako di Pasar Cik Puan, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melanjutkan peninjauannya ke Pasar Limapuluh, Sabtu (11/2/2023). Kali ini, Wamendag didampingi langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP. Pada kesempatan tersebut Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengatakan, ada beberapa agenda Wamendag Jerry Sambuaga di Pekanbaru. Meski begitu, Wamendag Jerry menyempatkan diri mengunjungi beberapa pasar.

"Beliau ingin mengetahui harga bahan pokok di pasar. Hanya ada satu keluhan terkait ketersediaan Minyakita. Saran beliau, kami harus melihat kendalanya karena pasokan Minyakita agar tersendat-sendat," ujar Muflihun, Sabtu (11/2/2023).  Ia mengatakan Pemko Pekanbaru sedang mencari regulasi yang tepat dengan menciptakan wadah guna menampung bahan pokok melalui distributor-distributor ke PT Sarana Pangan Madani (SPM). Saat ini, harga bahan pokok masih berbeda-beda di tiap pasar.


"Melalui PT SPM ini, harga bahan pokok bisa kami kontrol di tiap pasar," ungkapnya. Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengaku jika saat meninjau Pasar Limapuluh dirinya menerima keluhan pedagang terkait suplai Minyakita.

"Saya bersama-sama Pj Wali Kota dan jajarannya meninjau dan berbelanja di Pasar Limapuluh. Di tempat sebelumnya, Pasar Cik Puan, saya juga meninjau guna memastikan harga dan ketersediaan bahan pokok terkendali," ujar Wamendag, Sabtu (12/2/2023).

Ia mengecek harga bahan pokok mulai dari bawang putih, bawang merah, tomat, cabai, beras, dan telur. Harga bahan pokok relatif stabil, bahkan turun. Harga daging juga turun dari Rp150.000 menjadi Rp140.000 per Kg. "Tapi ada keluhan dari pedagang bahwa Minyakita agak sedikit kurang. Kami harus pastikan ketersediaan Minyakita lancar," ucap Jerry.

Rantai pasok dari distributor harus bagus. Makanya, ia berkomunikasi dengan Pj Wali Kota dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan anggota DPRD agar memetakan suplai Minyakita ini tidak di hilir saja. Tetapi, suplai Minyakita juga dipantau di hulunya, mulai dari distributor, pengecer, hingga pedagang. Karena, HET ini harga yang berlaku sampai di pedagang. "Terima kasih kepada Pj Wali Kota yang rajin turun ke pasar melihat, memetakan masalah dan merespon," pungkasnya. (Adv)



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...