Sport

Korea Utara dan Korea Selatan Bersatu di Asian Games 2018, Cabor Mana?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In. (sumber;internet)

JAKARTA - Korea Utara dan Korea Selatan telah mendeklarasikan perdamaian. Sebagai tindak lanjut, kedua negara telah membahas rencana mereka untuk terlibat dalam gelaran Asian Games, Agustus 2018. Cabor apa?

Baik Korut dan Korsel bahkan telah berencana untuk tampil bersama. Namun, cabang olahraga mana yang akan diikuti oleh tim gabungan kedua negara belum ditentukan.

"Kedua negara sudah membahas partisipasi mereka dalam Asian Games, karena masalah ini juga terdapat dalam deklarasi. Kita coba dalami bentuknya seperti apa dan mereka juga akan bahas," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, usai menerima kunjungan Wamenlu Korsel, Lim Sung Nam di Jakarta, Rabu (2/4/2018).

"Tapi sudah hampir pasti pada pembukaan mereka akan tampil menjadi satu. Namun unified team di cabang apa saja masih akan dibahas kedua negara," tambah Retno.

Dalam pertemuan dengan Menlu Retno, Lim mengatakan bahwa pasca pertemuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In, terdapat hubungan antar-Korea yang lebih kuat.

"Beberapa follow up yang akan dilakukan misalnya pertemuan reuni pada tanggal 15 Agustus, Palang Merah akan bertemu dan akan ada Joint LO Office. Hotline antara kedua pemimpin juga sudah ada, sehingga kapan pun butuh komunikasi dapat dilakukan dengan cepat," ujar Retno.

Kedua negara juga sepakat untuk isu terkait Confidence Building Meassure (CBM), misalnya dengan penghentian semua tindakan permusuhan antara kedua negara. Selain itu, Korut dan Korsel juga akan melakukan pertemuan antara militer, pada bulan Mei ini.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...