Mudik 2018

Kabar Gembira! Kartu BPJS Kesehatan Berlaku di Mana Saja Selama Mudik

Ilustrasi BPJS Kesehatan. (sumber;internet)

JAKARTA -  Mudik menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan masyarakat setiap tahunnya. Tapi bagaimana jika pada saat mudik jatuh sakit di kampung? Jangan kawatir, karena kartu BPJS Kesehatan berlaku dikit mana saja selama musim mudik 2018.

Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari selama musim mudik pihaknya memberikan fasilitas berupa pelayanan di seluruh Indonesia. Artinya kartu BPJS yang biasanya hanya bisa digunakan di domisili bisa digunakan di setiap tempat.

"Kami koordinasi dengan Faskes Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) jadi di mana orang yang lagi mudik atau lagi liburan bisa mendapatkan pelayanan karena kalau biasanya kan sesuai dengan yang terdata di tapi ini bisa mendapat pelayanan kalau mudik, misal ke Padang," katanya di Jakarta, Selasa (5/6/2018) .

Kemudian, pihaknya juga membuka sebanyak 126 kantor cabang untuk memudahkan peserta melakukan aktivitas seperti informasi hingga pembayaran.

"Jadi memberikan pelayanan berupa informasi melalui apa, melalui info mudik dan call center lalu juga memberikan layanan bagi orang yang membutuhkan jaminan atau aktivasi atau pembayaran kewajiban yang harus dilaksanakan pas waktu libur jadi sebanyak 126 kantor cabang tetap buka dari jam 8 pagi sampai 12 siang," sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga membuka sebanyak delapan posko kesehatan di jalur mudik selama delapan hari sebelum Lebaran hingga delapan hari setelah Lebaran.

"Ada posko kesehatan juga di delapan lokasi, seperti Bali, Solo, Jakarta, Serang, Tangerang di rest area. Itu H-8 dan H+8," ungkapnya.

Terkait anggarannya, pada dasarnya telah dicanangkan sejak awal dan hal ini merupakan kegiatan yang rutin setiap tahun dilakukan. Anggaran yang digunakan biasanya untuk pembayaran jasa dokter dan perawat.


"Ada biaya tapi nggak sampai biaya besar karena ini kan program rutin saja sudah dianggarkan dari awal kan kita tahu apa yang sudah dikerjakan di awal tahun dan bukan suatu hal yang istimewa. Biasanya pelayanan perawat, dokter," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Kepesertaan BPJS Arief Saefudin memaparkan anggaran tersebut sampai dengan jumlah miliar-an. Namun hal itu tergabung dengan alokasi dana pelayanan.

"Jadi itu masuk ke alokasi pelayanan secara keseluruhan. Ya pastinya kalau hitungan miliar ada," tutupnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...