News

Pagi ini, Jemaah Naqsabandiyah Lombok Salat Idul Fitri

Tarekat naqsabandiyah Lombok solat ied. (sumber;internet)

LOMBOK - Jemaah tarekat Naqsabandiyah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah pada Kamis (14/6/2018).

Itu sesuai dengan perhitungan atau rukyat, dengan melihat kemunculan bulan dalam menentukan 1 Syawal 1439 Hijriah.

“Hari ini (kemarin-red) terakhir kami berpuasa dan besok jemaah akan melaksanakan salat Ied di masjid ini,” kata salah seorang jemaah Tarekat Qodariyah wan Naqsabandiyah, Ruslan, yang ditemui ketika membersihkan masjid Riadul Khair, di Lingkungan Kebon Lauk, Kelurahan Pagutan, Kota Mataram, Rabu (13/6/2018).

Sejumlah jemaah juga sudah  memperdengarkan lantunan kalimat takbir melalui pelantang suara di rumahnya, sebagai salah satu cara menyemarakkan hari raya kemenangan setelah berpuasa selama 30 hari penuh.

“Kami menjalankan ibadah puasa Ramadan sejak tanggal 15 Mei dan besok pas 30 hari. Memang berbeda dengan penetapan pemerintah, tapi tokoh jemaah Naqsabandiyah punya perhitungan sendiri,” tutur Ruslan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H Burhanul Islam mengatakan pihaknya belum mendapat informasi jemaah itu akan melaksanakan Shalat Ied 1 Syawal 1439 Hijriah pada Kamis (14/6).

“Tidak ada informasi yang masuk ke kami hari ini. Tapi kami sifatnya tetap melakukan pemantauan,” katanya ketika dikonfirmasi terkait adanya perbedaan pelaksanaan shalat Ied jamaah Tarekat Qodariyah wan Naqsabandiyah di Kota Mataram dengan di Sumatera Barat (Sumbar).

Untuk diberitakan, ratusan jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumbar melaksanakan salat Ied 1 Syawal 1439 Hijriah yang dipusatkan di Padang, Rabu.

Salat dilaksanakan di Mushalla Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Padang pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan arahan imam tarekat Syafri Malin Mudo dan diakhiri dengan ceramah berbahasa Arab.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...