News

Koko, Gorila Terkenal dan Pintar Bahasa Isyarat Mati di Usia 46 Tahun

Koko si Gorila pintar sebelum mati bersama pengasuhnya. (sumber;internet)

CALIFORNIA - Seekor gorila terkenal yang menguasai bahasa isyarat, telah mati pada umur 46 tahun. Gorila betina bernama Koko itu dilaporkan mati dengan tenang dalam tidurnya di sebuah cagar alam milik Gorilla Foundation (Yayasan Gorila) di pegunungan Sana Cruz, California, Amerika Serikat.

Pihak Gorilla Foundation menyatakan seperti dilansir The Guardian, Jumat (22/6/2018), Koko mati dengan tenang dalam tidurnya pada Selasa (19/6/2018) waktu setempat. Pihak yayasan menyatakan bahwa Koko gorila akan sangat dirindukan.

"Koko menyentuh kehidupan jutaan orang sebagai duta untuk semua gorila dan ikon untuk komunikasi antarspesies dan empati," demikian disampaikan pihak yayasan dalam sebuah statemen.

Koko yang dilahirkan di Kebun Binatang San Francisco pada tahun 1971, dan mulai diajarkan bahasa isyarat dasar oleh seorang periset, Dr Francine Patterson pada usia 1 tahun. Koko dilaporkan memahami sekitar 2 ribu kata-kata verbal bahasa Inggris. 

Koko yang pecinta kucing itu, telah tampil dalam banyak dokumenter dan dua kali di National Geographic. Koko juga dikenal menjalin persahabatan dengan sejumlah selebritis Amerika Serikat, termasuk mendiang aktor dan komedian Robin Williams.

Pihak Gorilla Foundation menyatakan akan menghormati peninggalan Koko dengan aplikasi bahasa isyarat yang menampilkan Koko untuk kepentingan gorila dan anak-anak serta proyek-proyek lainnya.

"Dampaknya sangat dalam dan apa yang telah dia ajarkan kepada kita tentang kapasitas emosional gorila dan kemampuan kognitif mereka akan terus membentuk dunia," demikian pernyataan Gorilla Foundation.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...