Otomotif

Penjualan Ayla dan Terios Merosot, Ini Pembelaan Daihatsu

Ilustrasi Ayla. (sumber;internet)

JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil sejumlah merek sepanjang Juni 2018 mengalami penurunan. Salah satunya adalah Astra Daihatsu Motor (ADM).

Tercatat, penurunan terjadi di semua kelas yang punya pasar seksi. Sebut saja kelas Low Cost Green Car, pencapaian Daihatsu Sigra turun hingga ribuan unit. Apabila selama Mei dapat terjual 5.250 unit, Juni hanya 2.016 unit. Masih di kelas sama, penjualan wholesales Ayla juga demikian, bahkan penurunannya hingga 70 persen.

Jika Mei mencatatkan angka 2.289 unit, di Juni Ayla hanya terjual 510 unit. Penurunan juga terjadi di kelas Low Sport Utility Vehicle Terios. Bila Mei 2018 dapat terjual 2.659 unit, namun masuk ke Juni hanya 923 unit.

Daihatsu mengatakan hal tersebut wajar terjadi tiap tahunnya. Mengingat aktivitas produksi di pabrik sempat diliburkan saat Lebaran dalam jangka waktu yang cukup lama, maka stok unit yang dikirim ke diler jumlahnya sedikit.

"Itu biasa saja, kan libur panjang Lebaran jadi pabrik juga libur," terang Marketing Direktur PT ADM, Amelia Tjandra di Jakarta, Kemarin.

Penurunan juga terpantau di segmen Low Multi Purpose Vehicle yang porsi kuenya terbesar. Penjualan Xenia turut mengalami penurunan.

Apabila Januari sampai Mei penjualan rata-rata wholesales-nya masih di angka dua ribu sampai tiga ribuan unit, namun di Juni hanya 524 unit. "Semua brand juga sama (alami penurunan penjualan karena Lebaran)," tutur Amel.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...