Health

Ngeri, Ada Flu Jenis Baru Mampu Bunuh 1 Miliar Orang

ilustrasi (sumber;internet)

NEW YORK - Jenis penyakit flu terbaru ditemukan oleh para peneliti di Amerika Serikat. Menurut mereka virus ini mampu membunuh hampir 1 miliar orang. Mereka mengadakan simulasi untuk patogen baru yang menyebar lewat batuk dan bisa membunuh 10 persen dari populasi dunia yang ada saat ini.

Para peneliti dari Universitas John Hopkins, Amerika Serikat, menyebut penyakit fiktif ini sebagai Clade X, seperti dilansir dari Mirror, Kamis (2/8/2018).

Dalam simulasi yang diadakan, parainfluenza mampu membunuh 150 juta juta orang dalam 2 tahun pertama. Jumlah ini sama dengan tiga kali populasi negara Inggris Raya. Seorang dokter dari John Jopkins Center, Eric Toner, mengatakan bahwa masalah ini berasal dari kurangnya sistem perawatan kesehatan global yang semakin banyak.

Ia menjelaskan bahwa saat ini tidak ada kemampuan untuk identifikasi dan pengendalian wabah dengan cepat sebelum menjadi pandemik.

"Kami tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi vaksin untuk patogen baru, setidaknya dalam beberapa bulan ke depan," jelas Toner.

Ia menegaskan penyakit yang disimulasikan ini berpotensi benar-benar menjadi kenyataan di kemudian hari. "Namun saya tidak tahu kapan waktunya," ujar dia, mengingatkan.

Proyek ini dilakukan bersama dengan profesional di bidang perawatan kesehatan, termasuk di dalamnya ada politisi Amerika Serikat Tom Daschle dan Susan Brooks, serta mantan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Julie Gerberding. Simulasi ini dibuat agar tidak ada lagi penyakit yang lebih berbahaya daripada penyakit saat ini seperti SARS, yang mampu membunuh 10 persen dari 8.000 orang yang terinfeksi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...