Ponsel

WhatsApp Akan Hapus Foto dan Video, Peringatan untuk Pengguna Android

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Aplikasi pesan instan WhatsApp akan menghapus semua data obrolan, foto, dan video pengguna pada 12 November 2018. Perubahan sistem ini mengikuti kesepakatan antara Facebook, melalui WhatsApp dan Google, dengan Google Drive-nya.

Hal tersebut memengaruhi pengguna Android dalam menggunakan aplikasi milik Facebook tersebut. Hingga kini, WhatsApp telah digunakan oleh 1,5 miliar orang, yang menjadikannya sebagai layanan pesan instan terpopuler di dunia.

Alasannya, karena wadah obrolan yang diciptakan Jan Koum dan Brian Acton ini terkenal dengan penggunaannya yang mudah dan terdapat fitur enkripsi end-to-end, sehingga percakapan mereka tidak bocor ke pihak ketiga.

Mengutip situs Express, Rabu 29 Agustus 2018, ada dua perubahan besar yang akan memengaruhi semua pengguna Android akibat dari perubahan sistem ini. Pertama, WhatsApp memungkinkan pemilik Android untuk membuat cadangan obrolan mereka, termasuk semua media, melalui Google Drive.

Ukuran cadangan sebelumnya dipotong dari kuota penyimpanan Google Drive pengguna, namun kesepakatan baru keduanya mengubah segalanya. Pada 12 November mendatang, cadangan tidak akan lagi mengurangi ruang penyimpanan dari akun Google Drive pengguna.

Hal itu, kemudian memberi peringatan bagi pengguna WhatsApp untuk "secara manual mencadangkan" obrolan mereka sebelum hari-H untuk mencegah data-data mereka hilang.

"Per tanggal 12 November, backup WhatsApp tidak lagi diperhitungkan terhadap kuota penyimpanan Google Drive. Selanjutnya, backup WhatsApp yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive," demikian pernyataan resmi WhatsApp.

Kedua, untuk menghindari hilangnya cadangan apapun, sebaiknya pengguna mencadangkan data WhatsApp secara manual sebelum tenggat waktu, terutama, ketika pengguna mencadangkan data mereka ke Google Drive, maka dipastikan mereka bakal kehilangan salah satu fitur terbaik WhatsApp.

Hal ini, karena enkripsi end-to-end tidak terbawa ke file yang telah dicadangkan, alias data pengguna tidak terlindungi di Google Drive. Meski demikian, WhatsApp bersikeras dalam pembaruan baru.

Namun, Google merekomendasikan pengguna untuk secepatnya mencadangkan akun WhatsApp mereka secara manual. Google Drive memberi setiap pengguna yang mendaftar penyimpanan gratis 15GB. Tetapi, jika pengguna menginginkan lebih banyak lagi mereka harus membayar biaya bulanan.

Mencadangkan file di WhatsApp mudah dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Pastikan pengguna memiliki pengaturan Google Drive di ponsel. Pada aplikasi WhatsApp buka Menu, Pengaturan, Obrolan, lalu Obrolan Cadangan. Pilih 'Cadangkan' dan secara otomatis pengguna bisa melihat semuanya dicadangkan ke Google Drive.

Perhatikan bahwa sebagian besar akun WhatsApp akan di-setting hanya untuk mencadangkan data melalui wifi. Jadi, pastikan ponsel pengguna terhubung sebelum memulai. WhatsApp juga menyediakan informasi kapan data terakhir dicadangkan untuk konteks tambahan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...