News

Pertamina: Belum Ada Rencana Kenaikan Harga BBM

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina tidak mengalami penyesuaian.

"Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga," tegas Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito dalam keterangan resmi, dikutip Kemarin.

Adiatma mengungkapkan sebagai salah satu badan usaha hilir migas, Pertamina akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah. Hal ini dilakukan agar perseroan tetap mampu menjaga penyediaan dan melayani kebutuhan BBM di masyarakat.

Selanjutnya, selaku badan usaha, Pertamina akan melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada Pemerintah cq Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM. Ketentuan ini tidak hanya untuk BBM yang mendapatkan subsidi, tetapi juga untuk BBM non subsidi.

"Pertamina patuh pada aturan Pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu," ujar Adiatma.

Seperti diberitakan sebelumnya, pekan ini, rupiah mendapatkan tekanan cukup kencang. Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, sore ini, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp14.930 per dolar Amerika Serikat (AS). Posisi ini hanya menguat 5 poin atau 0,03 persen dari posisi sore kemarin, Selasa (4/9) di Rp14.935 per dolar AS.

Padahal, pemenuhan kebutuhan BBM dalam negeri sebagian masih dipenuhi dari impor mengingat produksi minyak dalam negeri maupun kapasitas kilang Pertamina masih terbatas. Sebagai gambaran, konsumsi BBM nasional berkisar 1,4 juta barel per hari (bph). Sementara, produksi minyak dalam negeri hanya sekitar 800 ribu bph.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...