Info Wisata

Hebat! Bandara Ngurah Rai Sabet 3 Penghargaan Tingkat Dunia

Bandara I Gusti Ngurah Rai (Sumber;internet)

DENPASAR - Kabar gembira dari dunia pariwisata. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyabet 3penghargaan tingkat dunia.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menyabet penghargaan mengenai kepuasan layanan bandara hingga bandara terbaik terbaik se-Asia Pasifik selama tahun 2017. Penghargaan itu diterima Halifa, Nova Scotia, Kanada. Penyerahan penghargaan itu diberikan Dirjen ACI World Angela Gittens kepada Co GM Bandara I Gusti Ngurah Rai Sigit Herdiyanto.

"Airport Service Quality (ASQ) Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan ACI. Penilaian ASQ Awards ini dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara, kalau skor tertinggi 5, kita dapat 4,99 hampir perfect," kata Sigit saat jumpa pers di Gedung Wisti Sabha, Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (18/9/2018).

Dia menambahkan kategori yang berhasil diperoleh Bandara I Gusti Ngurah Rai yaitu 'The First World Best Airport by Size 15-25 million', 'The Second Asia-Pasific Best Airport (over 2 million per year)', dan 'Best Airport by Size and Region in Asia Pasific. Sigit menyebut ada 340 Bandar Udara yang berpartisipasi di 85 negara untuk merebut penghargaan bergengsi tersebut.

Penilaian yang menjadi unggulan pada penilaian ASQ Awards 2017 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai yakni ruang tunggu yang nyaman, petugas servis terdiri dari Customer Service Officer maupun GRO (Guest Relations Officer) yang dinilai sigap melayani. Juga tingkat keamanan yang tinggi dari Airport Security, serta kenyamanan fasilitas parkir mobil yang tersedia di multi-level car park (MLCP), serta suasana bandara termasuk area komersil yang berstandar bandara kelas dunia.

Sigit meyakinkan pihaknya akan terus melakukan perbaikan pelayanan bagi para pengunjung. Seperti menyediakan aneka hiburan hingga memberikan pelatihan bahasa asing bagi customer service agar lancar memberikan informasi bagi para turis asing.

"Perbaikan secara terus menerus yang dilakukan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dalam meningkatkan level of service terhadap pengguna jasa Bandar Udara, beberapa di antaranya dilakukan dengan diselenggarakannya berbagai macam kegiatan hiburan di ruang tunggu keberangkatan penumpang pada saat penyelenggaraan thematic event," ujarnya.

"Selain itu, petugas Customer Service juga sudah mendapatkan pelatihan Bahasa Mandarin dasar untuk membantu penumpang dalam berdialog dimana saat ini kunjungan wisman yang melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai didominasi oleh turis China, dan juga multi-level car park yang dilengkapi dengan parking guidance system yang memudahkan pengguna jasa Bandar Udara untuk menemukan lokasi parkir yang masih tersedia," sambung Sigit.

Dia menambahkan penambahan fasilitas pelayanan di 2017 berupa repacking area di Terminal Keberangkatan Internasional merupakan salah satu inovasi satu-satunya di bandara Indonesia. Sigit mengatakan fasilitas itu disediakan karena mempertimbangkan karakteristik penumpang mancanegara yang selalu melakukan repacking baggagenya sebelum melakukan proses check-in.

"Untuk mempertahankan dan meningkatan layanan yang sudah dicapai pada tahun 2017, Di tahun 2018 banyak inovasi pelayanan yang dihadirkan oleh Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai yakni penambahan mesin Autogate Keimigrasian, mesin body scanner dan juga smartlane X-ray pada area pemeriksaan screening check point di Terminal Internasional, dan untuk kecepatan proses check-in, disediakan mesin self check-in service yang memudahkan penumpang tanpa harus mengantre," ucapnya. 

Tak lupa dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang mendukung diperolehnya penghargaan tersebut. Dia berharap penghargaan itu menjadi pemantik semangat jajarannya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

"Harapan penghargaan ini kmalah memberikan motivasi ke bandara I Gusti Ngurah Rai untuk tetap meningkatkan pelayanan penumpang," tuturnya.

Untuk diketahui Airport Council International (ACI) merupakan organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada. Total ada 600 ribu lebih pengunjung di 340 bandara dari 85 negara yang berpartisipasi dalam survei ASQ Awards setiap tahunnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...