Kampus

Lepaskan 1.375 Wisudaan, Rektor UIR Pamer Peringkat Nasional

PEKANBARU - Sebanyak 1.375 mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) diwisuda dalam Rapat Senat Terbuka di Venue Volly Indoor Kampus UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Sabtu (29/9/2018) pagi.

Diantara 1.375 wisudawan tersebut terdapat empat mahasiswa asal Thailand dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Agama Islam.

Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi SH Mcl mengatakan seribu lebih wisudawan dan wisudawati tersebut berasal dari sembilan fakultas dan satu pascasarjana. Masing-masing FKIP 416 orang, Teknik 191, FISIPOL 180, Ekonomi 162, Hukum 106, Pascasarjana 102, Pertanian 90, Fikom 49, Fakultas Agama Islam 41 dan Psikologi 38.

Rektor UIR menyebutkan, jumlah wisudawan Periode III Tahun 2018 lebih banyak dari Periode II. Pada Periode II UIR mewisuda 974 mahasiswa. Atau naik sebanyak 401 orang dibanding periode lalu.

"Dengan demikian jumlah alumni UIR hingga saat ini sebanyak 49.887 orang," terang Rektor.

Sama dengan wisuda Periode II, pada Wisuda Periode III Rektor sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para pemuncak. Baik pemuncak di tingkat universitas maupun fakultas. Pemuncak universitas diberi uang penghargaan Rp 2 juta, sementara fakultas Rp 1 juta.

Pada kesempatan itu rektor juga menyampaikan bahwa saat ini mahasiswa baru di UIR pada tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 6.311 orang, sedangkan jumlah yang mendaftar mencapai 8.305 orang. Dengan demikian jumlah Mahasiswa UIR keseluruhan sebanyak 27.276 orang yang tersebar di 42 Program Studi.

Di hadapan orang tua mahasiswa dan wisudawan Rektor juga mengatakan bahwa peringkat UIR secara nasional yang dirilis oleh Kemristekdikti RI pada September 2018 berada pada posisi ranking 123 dari 4.300 Perguruan Tinggi di Indonesia. Pada tahun 2017 lalu UIR bertengger pada posisi 467 secara nasional.

"Dilihat dari status akreditasi UIR sudah memiliki 9 Prodi yang berakreditasi A dari BAN-PT dan 28 Prodi Berakreditasi B serta 5 Prodi yang akan diakreditasi untuk pertamakalinya," jelasnulya.

Di samping itu hingga kini UIR sudah memiliki 2 Fakultas yang bersertifikasi ISO 9001 : 2015 yaitu FH dan FAI UIR. Insha Allah FISIPOL UIR akan segera juga bersertifikasi ISO.

Sementara itu Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA dalam sambutannya mengucapkan selamat pada seluruh civitas Universitas Islam Riau dengan pelaksanaan wisuda pada hari ini.

"Hal ini menunjukan UIR sebagai institusi pendidikan tinggi yang diberi amanah untuk melaksanakan proses belajar mengajar telah melaksanakan fungsinya dengan pelaksanaan wisuda sebagai puncak tanda diakhirinya proses tersebut," ujarnya.

Disamping itu, dirinya juga mengucapkan selamat atas berbagai kinerja yang telah dicapai oleh UIR dalam beberapa tahun terakhir dalam berbagai bidang. Dalam bidang akademis, UIR telah berhasil meningkatkan jumlah prodi yang terakreditasi A, meningkatnya jumlah dosen dengan jabatan fungsional profesor, serta meningkatnya jumlah dosen dengan kualifikasi doktor, jumlah tulisan dosen terindeksi scopus, berbagai bentuk kerjasama dengan insitusi dalam dan luar negeri serta kinerja dalam bidang kemahasiswaan yang cukup membanggakan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...