Health

Awas! Jangan Sering Kosumsi Jus Lemon, Ini Dampaknya

Jus Lemon. (sumber;internet)

JAKARTA - Peran jus lemon sangat penting dalam dunia kecantikan, salah satu alasan utamanya adalah kemampuannya untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Biasanya, orang-orang mengonsumsi jus lemon dingin atau hangat dan mencampurkannya dengan madu.

Jus lemon memberi Anda cukup vitamin C, meningkatkan kualitas kulit Anda, membantu melancarkan pencernaan, melembapkan tubuh, mencegah batu ginjal, dan menyegarkan napas Anda.

Minum jus lemon di pagi hari juga dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, membantu menurunkan berat badan, dan menyegarkan kulit Anda. Namun, Anda juga wajib mewaspadai beberapa efek samping dari minus jus lemon ini.

Meluruhkan enamel gigi
Saat menghisap irisan lemon, gigi Anda akan terasa sensitif. Ini karena asam askorbat menyentuh enamel gigi Anda. Jus lemon memiliki pH antara 2 dan 3, jadi ketika asam askorbat bekerja pada kalsium dalam enamel gigi, ini akan menyebabkan erosi gigi. Selain itu, jus lemon juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Memicu serangan migrain
Minum jus lemon berlebihan dapat memperburuk serangan migrain. Ini karena lemon mengandung asam amino yang disebut tyramine yang dapat memicu serangan migrain. Menurut sebuah penelitian, 11 persen pasien dengan migrain klasik atau umum melaporkan, makan buah sitrus seperti lemon dapat memicu serangan migrain.
Penyebab GERD dan mulas
Minus jus lemon berlebihan dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan lambung Anda, sehingga menyebabkan mulas atau refluks asam dan GERD. GERD terjadi ketika asam di lambung naik ke kerongkongan yang menyebabkan mulas. Makanan asam seperti lemon menyebabkan mulas dengan mengaktifkan enzim pepsin lambung, yang bertanggung jawab untuk memecah protein.

Menyebabkan gastritis
Mengonsumsi terlalu banyak jus lemon mengakibatkan tubuh Anda tidak dapat menyerap semua vitamin C dan kehilangan keseimbangannya. Buah sitrus seperti jeruk nipis dan lemon dapat menyebabkan gastritis, yang ditandai dengan peradangan pada lapisan perut Anda. Diikuti dengan gangguan pencernaan, sakit perut, mulas dan gejala lainnya.

Memperburuk tukak lambung
Asupan jus lemon berlebih dapat memperburuk tukak lambung dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Ini bisa menyebabkan sakit hebat di perut.

Sering buang air kecil dan dehidrasi
Vitamin C memiliki efek diuretik yang artinya membantu membuang kelebihan air dari tubuh melalui produksi urine. Ini menyebabkan sering buang air kecil. Di sisi lain, jika Anda mulai merasa dehidrasi setelah terlalu banyak mengonsumsi jus lemon, Anda harus mulai mengurangi konsumsinya.

Penyebab phytophotodermatitis sunburn
Buah sitrus seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis dapat menyebabkan sensitivitas kulit akibat sinar matahari yang dikenal sebagai phytophotodermatitis. Kondisi ini terjadi ketika tetesan jus lemon bersentuhan dengan kulit, tetapi itu hanya akan menyebabkan reaksi ketika kulit terpapar sinar matahari dan menyebabkan kulit terbakar dalam beberapa menit di bawah sinar matahari, menurut sebuah penelitian.

Berapa banyak jus lemon yang harus Anda minum per hari?
Minus jus lemon setiap hari akan menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan sehat. Minum air hangat yang dicampur dengan perasan lemon dan madu di pagi hari, adalah kebiasaan sehat, tetapi tidak lebih dari 2 lemon sehari. Dan 3 gelas jus lemon encer sudah cukup per hari.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...