Life

Apa Yang Terjadi Jika Lelaki Minum Pil KB?

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang biasanya digunakan oleh perempuan. Muncul pertanyaan, apa jadinya jika pil KB diminum oleh lelaki ?

Dikutip dari Hellosehat.com, ada dua kandungan utama pada pil KB, yakni hormon progesteron dan hormon estrogen . Dua hormon ini secara alami diproduksi secara alami oleh tubuh perempuan dalam jumlah banyak, karena berperan dalam mengatur siklus menstruasi.

Tubuh lelaki sejatinya juga memproduksi dua hormon tersebut, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Hormon progesteron digunakan untuk merangsang pembentukan hormon testosteron, sementara estrogen berperan dalam proses pematangan sperma.

Ketika seorang lelaki mengonsumsi pil KB satu atau dua kali, mungkin tidak akan menimbulkan efek berarti. Lain halnya jika pil KB diminum secara rutin dan teratur, yang diketahui dapat menyebabkan efek samping. Apa saja?

Gangguan fungsi seksual
Kadar progesteron dan esterogen berlebih dalam tubuh lelaki dapat memengaruhi fungsi dan penampilan fisik organ seks mereka. Hal ini termasuk produksi jumlah sperma yang terlalu sedikit, menurunnya gairah seks, serta disfungsi ereksi dan ukuran testis yang menyusut. Beberapa lelaki juga dapat mengalami pembesaran payudara, yang dikenal sebagai ginekomastia.

Risiko osteoporosis
Konsumsi pil KB secara rutin dan teratur pada lelaki juga bisa menekan produksi testosteron. Kekurangan testosteron dapat memberikan dampak serius pada tubuh dalam jangka panjang. Banyak lelaki dengan testosteron sangat rendah memiliki tulang yang lemah dan rapuh sehingga berisiko mengalami osteoporosis dini.

Perubahan fisik
Selain itu, kadar testosteron yang rendah juga dapat mengurangi massa otot di kaki, dada, dan lengan, serta mengurangi pertumbuhan rambut halus sehingga membuat penampilan fisik lelaki jadi lebih feminin. Bahkan, hal tersebut juga dapat membuat watak lelaki jadi lebih sensitif.

Penggumpalan darah

Lelaki yang minum pil KB juga berisiko tinggi mengalami pengggumpalan darah terkait hormon, terutama pada pria yang merokok. Risiko terkena penyakit hati dan kantong empedu juga tinggi karena keterusan minum pil KB.

Itulah dampak yang terjadi ketika lelaki minum pil KB. Jika ingin melakukannya, berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penjelasan ya!



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...