Keluarga

Biar Anak Lebih Dekat, Ini Kiatnya

Ilustrasi orang tua dan anaknya. (sumber;internet)

IDNJurnal - Teknologi dan perubahan budaya yang cepat sering kali disalahkan dalam hubungan keluarga. Memang menyedihkan saat ini, orang tua dan anak-anak terlalu sering menghabiskan waktu bersama lebih sedikit dan hanya berinteraksi satu sama lainnya hanya di dalam rumah. Dengan demikian, banyak anak mendapatkan kasih sayang dan perhatian kurang dari orang tua mereka sebelumnya.

Melansir laman pakwired, Jumat (11/5/2018), studi menunjukkan, orang tua menghabiskan sekitar 40% lebih sedikit waktu dengan anak-anak mereka daripada orang tua satu generasi yang lalu. Perhatikan bahwa kualitas dan kuantitas waktu merupakan faktor penting ketika mempertimbangkan kegiatan. Anda harus membangun kenangan dengan menjaga waktu keluarga Anda menyenangkan dan kreatif. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda coba untuk membawa keluarga Anda lebih dekat.

Kerjakan tugas bersama

Apa yang terjadi di rumah harus selalu meningkatkan kerja tim anggota keluarga. Menugaskan pekerjaan adalah cara produktif untuk mengajarkan akuntabilitas dan tanggung jawab kepada anak-anak Anda. Sebagai plus, itu membantu mereka menjadi lebih rajin. Melakukan pekerjaan dengan anak Anda juga akan membantu mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik.

Buatlah membaca menjadi kebiasaan

Penelitian menunjukkan bahwa membaca untuk anak-anak meningkatkan minat dalam pengetahuan sambil mendorong perkembangan bahasa. Plus, itu meningkatkan rentang perhatian dan membantu mereka menjadi lebih penasaran. Biarkan anak Anda memilih buku dengan Anda. Setelah membaca, cobalah mengajukan pertanyaan tentang konten atau pelajaran berharga yang telah mereka pelajari.

Makan bersama dan berkomunikasi

Hari-hari ini jarang bagi keluarga untuk makan bersama. Komunikasi dan persatuan yang diciptakan selama waktu ini sangat penting untuk kehidupan keluarga yang sehat. Ketika sebuah keluarga makan bersama, itu memungkinkan kesempatan untuk berbicara tentang kehidupan satu sama lain. Ini adalah waktu yang tepat bagi orang tua untuk mendengarkan, serta memberikan dorongan atau nasihat yang sangat dibutuhkan. Mendengarkan dengan perhatian juga menyampaikan bahwa seseorang benar-benar tertarik pada satu sama lain, berdampak pada rasa layak dan meningkatkan kepercayaan.

Bantu dengan tugas sekolah

Nyalakan api pembelajaran dengan membantu anak-anak Anda dengan tugas sekolah mereka. Keinginan Anda untuk membantu pekerjaan rumah dari kesulitan apa pun dapat menyebabkan nilai anak Anda meningkat dan membantu mereka menjadi lebih tertarik di sekolah, meningkatkan nilai mereka. Perjalanan ke perpustakaan lokal untuk proyek sekolah adalah cara yang menyenangkan dan murah untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak.

Rencanakan tamasya keluarga biasa

Domestik, internasional, atau hanya di kebun binatang lokal, keluar dari rumah dari waktu ke waktu adalah penting. Dapatkan di mobil dan pergi untuk drive keluarga! Bahkan berjalan-jalan di hutan dapat membantu keluarga Anda berinteraksi. Plus, kunjungan ke museum atau kebun binatang dapat memicu antusiasme anak dan mengarah ke diskusi yang lebih baik.

Bersenang-senang bersama di rumah dan di mana pun

Dalam banyak kasus, Anda tidak perlu pergi jauh untuk bersenang-senang dengan seluruh keluarga. Sebagaimana dinyatakan dalam kiat di atas, waktu keluarga di rumah dapat menjadi apa yang Anda butuhkan untuk mengembangkan komunikasi dan memperkuat hubungan. Itu semua tergantung pada minat Anda sebagai keluarga.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...