Life

Cara Sederhana Biar Gigi Tetap Bersih Sepanjang Hari

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Jika sedang tak berada di rumah, seperti menginap di kantor atau di rumah teman, seseorang kerap lupa sikat gigi. Padahal, kebersihan mulut dan gigi penting untuk kenyamanan bersama.

Lupa sikat gigi dapat menyebabkan gigi berwarna kekuningan karena plak dan juga menimbulkan bau tidak sedap. Namun, jika ini terjadi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara alternatif yang dapat dilakukan untuk membersihkan gigi tanpa harus menggunakan pasta dan sikat gigi.

Berikut cara yang bisa Anda coba untuk membersihkan gigi jika lupa sikat gigi.

1. Makan sayuran 
Dalam keadaan darurat, mengunyah sayuran segar seperti wortel, brokoli, atau mentimun dapat membantu membersihkan gigi. Dikutip dari situs kesehatan gigi Humana, sayuran ini dapat membantu mengikis plak di gigi dan menghilangkan beberapa bakteri penyebab bau. Sayuran ini juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan gigi.

2. Permen karet tanpa gula 


Mengunyah permen karet tanpa gula juga dapat membersihkan gigi. Pasalnya, mengunyah permen karet terus menerus dapat meningkatkan produksi air liur. Dikutip dari Sani Dental Group, air liur secara alami dapat membersihkan bakteri di mulut. 

Permen karet tanpa gula juga juga dapat membantu menghilangkan sisa makanan dari gigi. Rasa bersih dan segar juga bakal muncul setelah mengunyah permen karet.

3. Handuk 
Pennsylvania Center for Dental Implants and Periodontics menyarankan untuk membersihkan gigi dengan handuk kertas atau kain yang sudah dibasahkan, jika lupa menyikat gigi. 

Lilitkan kain itu di jari telunjuk dan posisikan jari di gusi. Lalu, sapukan jari telunjuk dari gusi ke arah gigi seperti menggosok gigi dengan sikat. Lakukan teknik ini untuk bagian dalam gigi dan lidah yang menjadi sumber bakteri penyebab bau mulut.

Jika tak ada handuk atau kain, cukup gunakan jari telunjuk untuk membersihkan gigi.

4. Baking soda
Dental One Associates menyarankan penggunaan soda kue atau baking soda untuk membersihkan mulut. Baking soda bersifat abrasif dan bekerja secara efektif untuk menghilangkan plak dan partikel makanan di gigi dan gusi.

Untuk menggunakannya, cukup campur satu sendok teh soda kue dengan beberapa tetes air hingga membentuk pasta. Gosokkan baking soda itu di bagian gigi dengan cepat. Lalu, kumur-kumur.

5. Keju
Memakan keju juga merupakan cara alternatif membersihkan gigi saat lupa menyikat gigi. Keju mengandung gula yang rendah sehingga tidak akan menimbulkan bakteri di mulut. Keju juga mengandung enzim yang dapat menetralkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Hindari pula mengonsumsi gula, seperti permen atau minuman kemasan. Gula dapat menimbulkan bakteri dan menyebabkan bau mulut.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...