Life

Delapan Tanda Kamu Asam Lambung, Apa saja?

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Salah satu tanda asam lambung adalah perut sering merasa kembung. Hal ini terjadi karena kadar asam dalam lambung meningkat, sehingga lambung terasa penuh. Asam lambung adalah salah satu penyakit yang memang lazim diderita oleh setiap orang. Kondisi ini timbul karena adanya masalah pada lambung yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam lambung.

Kelebihan asam lambung dalam waktu yang cukup lama akan berakibat pada inflamasi lambung dan juga usus. Di samping itu, berikut delapan tanda asam lambung naik. Apa saja?

Sakit dada (heartburn)
Kondisi ini terjadi lantaran asam lambung yang naik ke kerongkongan (esofagus). Sehingga menyebabkan sakit dada disertai rasa panas seperti terbakar.

Pahit di Mulut
Saat asam lambung naik, zat asam bisa menyebar ke bagian belakang tenggorokan (faring). Sehingga menimbulkan sensasi pahit di mulut. Biasanya kondisi ini terjadi di malam hari sedang beristirahat maupun berbaring akibat konsumsi makanan berlebih.

Suara serak
Pernahkah Anda mengalami suara yang mendadak serak setelah makan? Kemungkinan besar ini adalah tanda asam lambung Anda naik. Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa mengiritasi pita suara. Sehingga suara Anda akan terdengar serak dan berbeda dari biasanya.

Nyeri tenggorokan
Tanda asam lambung satu ini dapat dikatakan mirip dengan gejala sakit flu. Tetapi yang membedakannya, sakit tenggorokan tidak disertai dengan gejala lain seperti demam, bersin-bersin dan kerap datang hanya setelah makan.

Batuk dan sesak nafas
Naiknya asam lambung juga bisa mempersempit saluran pernafasan dan menimbulkan peradangan (inflamasi). Dan kondisi ini lambat laun bisa menyebabkan penderitanya mengalami batuk serta kesulitan bernapas.

Bahkan para ahli juga menduga, naiknya asam lambung mampu picu saraf di dada untuk menyempitkan tabung pernafasan sebagai respon pencegahan masuknya asam lambung.

Mual
Tanda asam lambung naik berikutnya ini diakibatkan oleh rasa sakit begitu hebat di lambung dan ulu hati. Sehingga penderita GERD kerap merasakan mual disertai muntah-muntah.

Kesulitan menelan
Naiknya asam lambung secara terus menerus akan melukai kerongkongan dan memicu timbulnya jaringan parut yang menyebabkan penyempitan kerongkongan. Sehingga membuat penderitanya idap kesulitan saat menelan makanan.

Produksi air liur berlebih
Seseorang yang mengalami asam lambung naik biasanya akan mengalami peningkatan air liur yang berlebih. Masalah ini adalah respon alami tubuh untuk menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.

Dari beberapa tanda diatas, bagaimanapun mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Sebelum berlanjut, Anda masih bisa meminimalisir kekambuhan dengan melakukan pengobatan sejak dini.

Jangan pernah sepelekan penyakit ini, karena jika dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan yang tepat bisa menyebabkan komplikasi serius bahkan mematikan. Demikian artikel kali ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...