OtoTech

11 April WhatsApp dan Instagram Diboikot, Benarkah?

Ilustrasi media sosial (sumber:internet)

JAKARTA - Aksi memboikot Facebook selama 24 jam yang digaungkan Operation Faceblock pada 11 April 2018 turut membuat WhatsApp, Instagram dan Messenger terkena getahnya. 

Seperti diketahui, pada 11 April, CEO Facebook Mark Zuckerberg dijadwalkan bersaksi di Congress AS soal privasi data. Di hari yang sama, Operation Faceblock akan digelar.

Operation Faceblock adalah aksi memboikot dan tidak menggunakan layanan Facebook selama satu hari. Ajakan boikot ini juga berlaku untuk layanan lain yang berada di bawah naungan Facebook yakni WhatsApp, Instagram dan Messenger. 

Aksi boikot Facebook, WhatsApp, Instagram dan Messenger seharian pada 11 April, dilakukan untuk memprotes bocornya profil 87 juta pengguna Facebook ke Cambridge Analytica.

Ajakan ini pun ditanggapi beragam reaksi netizen. Ada yang mengaku sudah jauh-jauh hari menghapus aplikasi Facebook mereka, ada juga yang merasa masih berat untuk berpisah dari Facebook.

Seruan ini memang kencang digaungkan di Amerika Serikat dan Eropa. Meski demikian, tak sedikit pula netizen asal Indonesia yang bereaksi atas ajakan ini. Beberapa netizen mengaku tidak masalah meninggalkan Facebook, namun jika diminta tidak menggunakan WhatsApp dan Instagram, mereka harus berpikir ulang karena merasa sudah ketergantungan.

Pembaca detikINET dengan akun detikID Jacobus Setiono berpendapat, ajakan ini tidak akan didengar para pengguna di Indonesia, mengingat pengguna medsos Indonesia sangat gila medsos. 

"Di Indonesia mah gak ngaruh apa-apa, jalan terus. Di Indonesia hidup tanpa sosmed terasa sayur tanpa garam. Bisa gila kalau ga pegang HP main Instagram, chat di WA," komentarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...