News

Hebat! Pekanbaru Raih Nilai Tertinggi UN SMA dan SMK se-Riau

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU -  Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah menyerahkan hasil nilai Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA sederajat, ke Kabupaten Kota, Rabu (8/5/2019). Dari nilai tersebut Kota Pekanbaru masih meraih nilai tertinggi, baik untuk SMK maupun SMA.

Untuk tingkat SMA Kota Pekanbaru total nilai yang diraih 326,67 dengan rata-rata nilai 53,22. Disusul Kota Dumai total nilai 295,22 dengan nilai rata-rata 48,47, sedangkan posisi ketiga Kabupaten Pelalawan dengan total nilai, 280,05 dengan nilai rata-rata 45,65. Sementara untuk nilai terendah di Kabupaten Rokan Hilir dengan total nilai 265,84, dengan nilai rata-rata 46,23.

Sedangkan untuk tingkat SMK, kota Pekanbaru masih meraih nilai tertinggi total nilai 201,8. Disusul Kota Dumai 186,86, posisi ketiga Kabupaten Bengkalis 185,19, Kepulauan Meranti 184,09, dan posisi lima besar Indragiri hilir dengan total nilai 181,17.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto, mengatakan, dari seluruh Kabupantwn Kota ada peningkatan nilai dan juga ada yang turun. Dan nilai tertinggi masih diraih oleh Kota Pekanbaru. Rata-rata nilai untuk siswa juga ada yang mengalami peningkatan untuk mata pelajaran dan ada yang turun.

“Untuk nilai UN sudah diserahkan ke Kabupaten Kota. Nanti sekolah yang akan mengumumkan ke siswa. Untuk tahun ini secara keseluruhan nilai tertinggi masih dikuasai Pekanbaru. Dan nilai masing-masing daerah ada yang naik dan yang turun,” kata Rudi, Rabu (8/5/2019).

Untuk pengumuman hasil nilai UN SMA dan SMK sederajat di Provinsi Riau dijadwalkan hari ini, Kamis (9/5/2019). Sedangkan untuk pengumuman kelulusannya akan dilakukan tanggal 13 Mei 2019 mendatang.

"Jadwal pengumuman hasil UN dan kelulusan SMA dan SMK sederajat di Rau sudah ditetapkan dalam Prosedur Operasional Standar (POS) UN, tanggal 9 Mei pengumuman hasil UN dan tanggal 13 Mei pengumuman kelulusan," ungkap mantan Pj Bupati Inhil ini.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar megimbau kepada seluruh siswa SMA dan SMK di Riau untuk tidak melakukan aksi konvoi saat pengumuman hasil Ujian Nasional. Ia juga mengingatkan kepada siswa agar tidak mencoret-coret bajunya. Siswa mengisi pengumuman hasil UN besok dengan kegiatan yang positif. Terlebih saat ini bertepatan dengan masuknya bulan ramadan.

"Besok bagi anak-anak kami yang mengikuti pengumuan UN tidak usah konvoi, kebut-kebutan di jalanan, coret-coret baju. Mari kita jaga semnagat bulan suci ramadan ini. Kalau anak-anak punya baju seragam yang masih bagus, jangan dicoret-coret. Alangkah baiknya jika diberikan kepada adek kelasnya yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujarna.

Gubri mendoakan kepada seluruh siswa SMA dan SMK yang sudah melaksanakan UN beberapa waktu lalu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisa lulus semua.

"Kami ucapkan selamat, semoga lulus semua," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Riau, Ahyu Suhendra mengatakan, pasca penetapan jadwal pengumuman hasil UN dan kelulusan siswa SMA dan SMK tersebut, Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan menyampaikan kepada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK se-Riau dalam rapat bersama.

Dalam rapat tersebut, pihaknya menyerahkan langsung berkas hasil nilai UN kepada seluruh kepala sekolah SMA dan SMK kabupaten dan kota se Provinsi Riau. Berkas hasil kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK dan SLB se-Riau tahun 2019 tersebut sudah dijemput oleh perwakilan Dinas Pendidikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pekan kemarin.

"Berkas hasil nilai UN sudah dijempur ke Jakarta dan kita serahkan ke seluruh MKKS kabupaten kota," katanya.

Sementara saat disinggung terkait teknis pengumuman kelulusan yang akan diumunkan tanggal 13 Mei mendatang, pihaknya menyerahkan ke masing-masing sekolah. Pihaknya mengingatkan sekolah agar tidak ada kompoi dan coret-coret baju saat pengumuman kelulusan. Sebab pengumuman kelulusan siswa SMA dan SMK tahun ini bertepatan di bulan ramadan.

"Seperti apa teknisnya nanti pihak sekolah yang akan menetapkanya melalui rapat di masing-masing sekolah," ujarnya.

Untuk diketahui sebanyak 28.826 siswa SMK sederajat di Riau sudah mengikuti UN yang berakhir Kamis (28/3/2019) lalu. Dengan jumlah sekolah sebanyak 118 SMK negeri dan 163 SMK swasta. Sedangkan untuk SMA sederajat se Provinsi Riau, jumlah siswa yang mengikuti UN sebanyak 60.324 siswa yang tersebar di 438 sekolah di Riau. Mulai dari SMA negeri, swasta serta Sekolah Luar Biasa (SLB).*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...