Life

Selain Sehat, Puasa Juga Bisa Bikin Awet Muda Loh!

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Puasa tak hanya bentuk ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Puasa juga diyakini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Hal ini sudah terbukti oleh sejumlah penelitian. Lebih jauh lagi, puasa juga dipercaya mampu membuat seseorang awet muda. Bagaimana bisa? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Puasa Bikin Tubuh Berkesempatan untuk Detoksifikasi
Puasa yang kita lakukan selama 13 hingga 14 jam ini memberi kesempatan bagi tubuh untuk melakukan detoksifikasi, menurunkan inflamasi atau radang, dan melawan obesitas.

"Sudah banyak penelitian, dalam kondisi kita puasa atau mengurangi makan dan minum lebih dari 13 jam makan sel-sel kita melakukan proses pembersihan. Sebab kalo tidak ada jeda makan dan minum pembersihan justru tidak berjalan optimal, justru membuat sel menjadi loyo," ujar Ahli gizi Prof. Hardinsyah, MS, PhD. selaku Ketua PERGIZI Pangan Indonesia, saat ditemui Fimela di Jakarta.

2. Puasa Memungkinkan Regenerasi Sel
"Ketika tubuh kekurangan makanan, maka ada sistem di tubuh kita yang melakukan efisiensi. Dimakan sendiri oleh tubuh, itu disebut degan autophagy. Ketika dimakan, maka sel-sel dan zat beracun itu akan pecah menjadi komponen asli zat gizi, asam amino, vitamin, dan mineral. Itu digunakan sebagai tambahan gizi ketika berpuasa," paparnya.

Setelah pembersihan, munculah sel-sel baru. Hal inilah yang membuat awet muda.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...