OtoTech

Pekanbaru, Kota Dengan Kecepatan 'Upload' Tercepat di Indonesia

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Kota-kota di pulau Jawa tentu memiliki infrastruktur lengkap soal jaringan internet. Tapi bukan Jakarta menjadi kota yang memiliki kecepatan internet tercepat loh! Ternyata, Kota Pekanbaru justru memiliki kecepatan internet lebih baik dibandingkan pulau Jawa. 

Hal tersebut terungkap dalam laporan OpenSignal terbaru. Mereka menganalisis kecepatan rata-rata broadband seluler di 44 kota besar di Indonesia. Untuk kecepatan download, Kota Sorong di Papua Barat menjadi yang tercepat dengan kecepatan mencapai 12 Mbps. Selanjutnya Gorontalo dengan kecepatan download 11,9 Mbps, Ambon 10,3 Mbps serta Kota Pekanbaru dengan kecepatan 10 Mbps. 

Khusus untuk upload, justru Kota Pekanbaru menjadi yang paling ngebut dengan kecepatan 5,9 Mbps. Diikuti Medan dengan kecepatan upload 5,5 Mbps dan kota Mataram dengan kecepatan 5,3 Mbps. Yogyakarta justru berada di peringkat ke-18 dengan kecepatan 4,1 Mbps. Diikuti Malang dengan kecepatan 3,9 Mbps dan Surabaya 3,9 Mbps.

Lalu, apakah ini menunjukkan jika kecepatan di pulau Jawa lemah? Menurut OpenSignal ini bukan karena Jawa memiliki jaringan yang lebih lemah atau kurang canggih, melainkan justru sebaliknya.

Kemungkinan besar yang terjadi adalah dinamika terkait persaingan dan permintaan. Permintaan memegang peran penting dalam kecepatan pengalaman pelanggan sehari-hari. Makin banyak pengguna yang terhubung ke suatu jaringan, maka kapasitasnya akan tersebar dan bisa menyebabkan penurunan kecepatan rata-rata. 

Meskipun operator cenderung memusatkan peningkatan jaringan dan kapasitas mereka di kota-kota besar, namun sering kali peningkatan tersebut tidak mampu mengimbangi permintaan data seluler dari penduduk kota yang padat dan menyukai teknologi.

"Mungkin kami terdengar seperti mengusik pulau Jawa, tetapi hal ini karena mayoritas populasi Indonesia berada di pulau ini, sehingga Jawa memiliki tingkat permintaan tertinggi. Jika memperluas analisis ke semua kota-kota terbesar di Indonesia, kita akan melihat tren yang serupa. Batam, Bandar Lampung, Makassar, dan Palembang berada di luar kelompok 10 teratas dalam peringkat Pengalaman Kecepatan Unduhan dan Unggahan kami," tulis OpenSignal dalam keterangan resminya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...