Hukrim

Ini Doa dan Keistimewaan Lailatul Qadar di 10 Hari Terakhir Ramadan

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Pada 10 hari terakhir berpuasa, umat Muslim dituntut untuk berdoa di momen Lailatul Qadar. Karenanya, fokuskan ibadah pada saat itu demi menabung pundi-pundi pahala yang besar.

Dijelaskan Ustadz Fauzan Amin, Lailatul Qadar adalah satu malam kemuliaan di bulan suci Ramadan. Jika umat Muslim mengerjakan kebaikan-kebaikan pada malam tersebut, akan mendapatkan pahala setara dengan pahala mengerjakan kebaikan selama seribu bulan lamanya. Berikut adalah salah satu hadits Nabi s.a.w, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a:<>

???? ????? ???????? ????????? ?????????? ????????????? ?????? ???? ??? ????????? ???? ???????? ?????? ????? ????????? ?????????? ????????????? ?????? ???? ??? ????????? ???? ????????

Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu". (Hadits Shahih, Riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim:1268).

Selama Lailatul Qadar, Anda bahkan dituntut untuk memanjatkan doa yang afdol. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memanjatkan do'a, yaitu diriwayatkan oleh lima imam hadits:

???? ????????? ???????: ?????? ??????????? ????? ?????????? ???? ???????? ????? ???????? ???????? ????????? ?????????? ???????. ????? ??????? ??????????? ??????? ??????? ??????? ????????? ??????? ??????

Dari Syayidah 'Aisyah, r.a. Ia berkata: saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam Lailatul Qadar, maka do'a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu?

Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo'alah dengan mengucapkan "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamban-Nya, maka ampunilah kesalahanku." (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud).

Dari saking istimewanya malam tersebut, ada surat khusus dalam Al Quran. Isinya hanya membahas peristiwa ini yaitu surat Al Qodar.

Bunyi doanya adalah:

?????????? ??????? ??????? ??????? ??????? ????????? ??????? ??????

Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku

Doa tersebut harus dibaca minimal 1000 kali dalam satu malam. Kalau beruntung dapat keistimewaan malam Lailatul Qadar, pahala akan berlipat ganda dan diampuni dosa-dosanya setahun lalu.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...