Life

Ada Negara yang Namanya Diawali Huruf 'X', Apa Itu?

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Coba kita main tebak-tebakan tentang negara-negara di dunia. Apakah ada negara yang diawali huruf 'X'?

Ada ratusan negara di dunia dengan beragam nama. Jika main tebak-tebakan huruf awal suatu negara, rasanya semua ada. Kecuali, mungkin yang awalannya huruf X.

Dilansir dari berbagai sumber, tidak ada negara yang huruf awalnya X. Hanya saja, ada beberapa bahasa di dunia yang menyebut nama suatu negara dengan awalan huruf X.

Bahasa Katala misalnya, yang digunakan total oleh 12 juta orang dari penduduk negara Andorra, Spanyol (Catalonia di Barcelona), beberapa di Prancis dan beberapa di Italia. Ada negara-negara yang jika diucapkan dalam bahasa Katala, menggunakan huruf X sebagai awalannya. Negara-negara itu yakni Xina (China), Xile (Chili) dan Xipre (Siprus).

Bahasa Galisia yang dituturkan oleh total 3,4 juta orang dari Spanyol bagian barat laut dan beberapa di Portugal juga sama. Malah penyebutan suatu negara diawali huruf X, lebih banyak dibanding bahasa Katala.

Negara yang pelafalannya diawali huruf X dalam bahasa Galisia yakni Xamaica (Jamaika), Xapon (Jepang), Xeorxia (Georgia), Xibuti (Djibouti), dan Xordania (Jordan).

Tapi kalau secara resmi yang diakui dunia dan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa), tidak ada negara yang diawali oleh huruf X.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...