News

Gandeng PWI Pekanbaru, Prajurit Yonko 462 Paskhas Belajar Jurnalistik

Waka PWI Pekanbaru Adrian Eko Desrilianto yang juga Faunder IDNJurnal.com memberikan materi jurnalistik di hadapan prajurit Paskhas

PEKANBARU - Jika kita biasanya tahu TNI latihannya perang, bagaimana jika TNI latihannya menulis berita? Itu yang dilakukan puluhan prajurit Batalyon Komando 462 Paskhas. 

Mengandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pekanbaru, Senin (22/8) di Ruangan Rapat Batalyon Komando 462 Paskhas Jalan Kartama Pekanbaru, para prajurit letihan membuat berita. 

Diterangkan Komandan Batalyon Komando (Danyonko) 462 Paskhas, Mayor Pas Yoseph M Purba, prajurit Paskhas ini dilatih ilmu jurnalistik agar bisa membuat laporan kegiatan dengan baik dan juga bisa menyajikan informasi untuk masyarakat terkait kegiatan-kegiatan yang ada di TNI AU.

"Apa yang dilakukan TNI AU selama ini tidak hanya di ketahui oleh tuhan, tapi juga di ketahui oleh dunia. Mereka ini akan dikirim ke Papua dalam tugas. Jadi nanti, aktifitas mereka sehari-hari dilaporkan secara rutin. Tidak hanya dalam bentuk laporan, tapi juga berita yang enak dibaca seperti berita teman-teman wartawan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, prajurit yang ikut dalam pelatihan ini adalah mereka yang terpilih dalam program Pambahwan Bandara Papua TA 2019. Selain pengamanan, satgas ini juga melakukan aktifitas penampungan serta mengayomi masyarakat di Papua selama setahun bertugas. Saat pelatihan, Ketua PWI Pekanbaru Agustiar SSos menyampaikan beberapa kiat menulis. Selain itu, Waka PWI Pekanbaru Adrian Eko Desrilianto menjelaskan trik sederhana penulisan berita serta Kabid humas dan pendidikan PWI Pekanbaru Andre Zaky SKom MSi memimpin praktek pembuatan berita. 

Ketua PWI Pekanbaru Agustiar, mengatakan jika pelatihan yang dilakukan bersama prajurit ini jauh beda dengan pelatihan-pelatihan intansi lainya. Karena untuk prajurit Pakhas ini sebagian besar sudah memahami terkait ilmu jurnalistik dan cara membuat berita, hanya saja tinggal pendalaman dan memperkaya tulisan untuk lebih menarik dibaca.

"Semuanya cukup bagus tinggal memperkaya dan penyusunan tulisan saja, kalau untuk data lengkap layaknya berita yang di tulis wartawan selam ini," katanya.

Ia juga mengaku, dengan waktu sangat singkat para prajuri Paskhas mampu menulis berita sesuai  latihan yang di berikan PWI Pekanbaru. Artinya apa yang diharapkan Komandan Batalyon 462 bisa terwujud dengan baik. 

"Mereka tinggal banyak membaca dan tinggal melatih dan terus mebuat tulisan. Agar kedepan makin terbiasa," tuturnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / redaksi[email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...