Life

Berendam Air Dingin Mampu Redakan Nyeri Otot, Benarkah?

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sebuah unggahan di media sosial menginformasikan lima manfaat merendam kaki dengan air dingin selama 15 detik. Salah satunya adalah bisa mengatasi nyeri otot setelah melakukan kegiatan berat. 

Berikut tulisan yang diupload di Facebook:

Mengatasi nyeri otot 

Setelah melakukan kegiatan yang berat dan mengalami nyeri otot, rendam kaki di air hangat yang kemudian pindah ke air dingin kurang lebih selama 1 menit dapat meringankan nyeri. Setelah berendam, bilas kembali kaki memakai air dingin.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO, berendam atau kompres dengan air dingin tak bisa diterapkan dalam semua kondisi. Hal ini bergantung pada ada atau tidaknya cedera usai melakukan kegiatan berat.

"Kompres atau berendam dengan air dingin bisa diterapkan dalam kondisi tanpa cedera. Misal merasa kelelahan hingga otot terasa kaku setelah lari terlalu jauh, cepat, atau jalan memutari komplek pertokoan," kata dr Michael pada detikHealth.

Setelah melakukan aktivitas tersebut biasanya otot terasa pegal, akibat produksi asam laktat berlebihan. Menurut dr Michael, senyawa ini tidak bisa diolah hingga menumpuk di areal tubuh tertentu. Selain pegal dan kaku, sensasi lain yang biasa dirasakan adalah tegang.

Berendam atau kompres air dingin akan meredakan peradangan mikrotrauma yang bukan cedera serius. Selanjutnya pindah ke air hangat untuk meningkatkan aliran darah sehingga tubuh bisa mengolah asam laktat. Berendam yang bisa dilakukan di spa atau fasilitas umum lain, dapat diterapkan hingga tubuh terasa nyaman.

Salah satu tanda ada tidaknya cedera adalah penurunan fungsi tubuh usai beraktivitas. Bila tubuh tetap berfungsi dengan baik dan tak ada tanda peradangan, maka berendam atau kompres bisa dipilih untuk mengatasi kelelahan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...