News

Wujudkan SDM Unggul, Pemendikbud Nomor 32 Tahun 2018 Harus Diterapkan

PEKANBARU - Dalam rangka pelaksanaan peraturan atau kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengadakan koordinasi Teknis dan Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI No.32 Tahun 2018 mengenai standar teknis pelayanan minimal pendidikan.

Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT yang membuka langsung kegiatan yang digelar di Hotel Pangeran, Kamis (12/3/2020). Beliau mengingatkan jika sekolah juga harus memiliki inovasi dalam proses belajar mengajar. Pasalnya, guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul harus berdasarkan tiga lokus. 

"Yang pertama itu lingkungan keluarga dimana karakter anak itu terbentuk berdasarkan lingkungan keluarganya," ujar Firdaus. 

Kemudian lanjut Wako, adalah lingkungan sekolah, dimana sekolah sangat berperan penting dalam mencerdaskan masyarakat. Salah satunya adalah dalam proses belajar mengajar perlu adanya komunikasi dua arah.

"Jika kita dulu belajar satu arah, guru aktif murid pasif. Nah sekarang kita perlu ubah, tidak hanya guru yang aktif, murid juga aktif," jelas Firdaus.

Terakhir lingkungan masyarakat, kepada RT/RW, Pemuda, tokoh masyarakat, LPM agar menjaga dan melalukan pengawasan setiap inchi kawasannya. Apabila baik lingkungannya maka baik pula masyarakatnya. Oleh karena itu perlu diawasi, apalagi pengaruh dari narkoba.

Sebagaimana dijelaskan, Permendikbud No.32 Tahun 2018 ini perlu disosialisasikan dengan baik. Sehingga kebijakan di bidang pendidikan dasar dan menengah tersebut perlu disosialisasikan kepada pemangku kepentingan agar peraturan/kebijakan tersebut dapat diimplementasikan dengan baik.

"Khusus di Pekanbaru, Sumber Daya Manusia (SDM,red) adalah kekuatan kota ini untuk bertumbuh, ingat sumber daya alam kita terbatas. SDM akan baik, jika pendidikannya bagus," kata Firdaus.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...