Ada Apa di Museum Sang Nila Utama?

Mata Dabus, Senjata Tajam Tarian Tradisional

PEKANBARU - Masyarakat Indragiri Hulu memiliki banyak senjata tajam tradisional. Salah satunya, "Mata Dabus". Alat tradisional ini digunakan sebagai alat pelengkap dalam pertunjukan tarian magis, debus.

Biasanya, tarian debus dimainkan para lelaki yang melenggak-lenggokkan tubuhnya sambil memegang mata Dabus di tangan kanan dan kiri. Lalu mata Dabus itu ditusuk-tusukkan ke tubuh para penari.

Permainan rakyat ini biasanya dipimpin para Khalifah Dabus. Permainan ini juga dilakoni para anak dabus atau orang yang mengambil peran dalam mainan tersebut.

"Permainan Dabus masih bisa kita lihat di Kota Rengat. Meski tidak lagi sepopuler zaman dahulu karena kurangnya sosialisasi dan minat generasi muda," kata Kadisbud Riau Yoserizal Zen.

Mata Dabus sendiri terbuat dari beberapa batang besi yang disatukan. Kemudian pada bagian atasnya dilengkungkan ke bawah hingga membentuk kelopak-kelopak bunga. Pada bagian kelopak-kelopak itu diberi cincin sehingga saat mata Dabus digoyang-goyang menghasilkan bunyi yang gemerincing.(adv)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...