Eksbis

Buruh Surati Presiden Minta BLT Subsidi Gaji Dilanjutkan

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sejumlah buruh tak terima dengan keputusan pemerintah yang menyetop penyaluran Bantuan Langsung Tunai (Covid-19).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan pihaknya telah mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar melanjutkan pencairan BLT tersebut. Sebab, kini banyak pekerja yang masih mengalami pemotongan gaji akibat keuangan perusahaannya sedang megap-megap.

"KSPI sudah resmi kirim surat perihal BSU/BLT (untuk) dilanjutkan ke Bapak Presiden Jokowi," kata Said kepada Okezone, Kamis (18/2/2021).

Dia menjelaskan, dirinya telah melayangkan surat tersebut pada minggu lalu melalui Kementerian Sekretariat Negara. Namun, dia tak mengingat ihwal detail harinya.

"Minggu lalu melalui Setneg, kita menunggu surat balasannya," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah menegaskan bahwa BLT subsidi gaji Rp600 ribu untuk pekerja dihentikan tahun ini. Hal tersebut diungkap langsung Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

"Untuk BLT subsidi Rp600 ribu tidak ada anggaran yang dialokasikan dalam APBN 2021. Fokusnya ke insentif Kartu Prakerja," ujar Ida, saat berkunjung ke perusahaan jamu dan kosmetik di Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, alokasi APBN 2021 untuk Kartu Prakerja cukup besar, yakni Rp20 triliun. Sehingga, kartu Prakerja tidak hanya untuk peningkatan kompetensi, tetapi juga insentif sehingga menjadi semi-bansos.

Kendati demikian, Ida tidak menjelaskan lebih lanjut perubahan skema kartu Prakerja karena kewenangannya berada di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...