Ponsel

Oppo F7 AI Selfie Nyaris Sempurna

Oppo F7 AI

JAKARTA - Oppo baru saja mengeluarkan F7 untuk pasar Indonesia. Daya tariknya apalagi jika bukan selfie, yang sudah pasti membutuhkan teknologi kamera depan. Tidak heran jika kamera Oppo F7 benar-benar diutamakan untuk mendapatkan kecanggihan yang membuatnya mendekati sempurna.

Menurut laman Gadgets360, spesifikasi Oppo F7 diklaim hampir sama dengan smartphone yang menjadi andalan Oppo, R15. Spesifikasi itu antara lain, resolusi kamera depan yang besar, prosesor Mediatek Helio P60 SoC, dan juga tentu saja desain notch.

Diketahui, Oppo R15 memang ditunggu banyak penggemar Oppo, tak hanya di India dan Indonesia tapi juga hampir semua pasar yang dijamah Oppo.

AI untuk Kamera dan Selfie


Kamera depan Oppo F7, yang didedikasikan untuk selfie, memang dilengkapi dengan resolusi yang cukup besar, yakni 25 megapiksel. Sensor yang digunakan dari Sonh dengan bukaan lensa f/2.0. Tidak ketinggalan AI Beauty dan kemampuan sensor HDR.

Untuk AI Beauty, hasilnya cukup maksimal di kamera depan. Algoritma yang ada bisa menentukan berapa level beautification yang diperlukan. Bahkan jika tidak percaya dengan beautifikasi otomatis, tingkatannya bisa dilakukan secara manual, lengkap dengan variasi filter. Tak hanya koreksi kecantikan pada wajah, tapi merata sampai ke leher. Jangan lupa gunakan stiker agar hasil foto lebih menarik dan aktraktif.

Kualitas gambar ternyata akan sangat bagus jika pemotretan dilakukan di siang hari, baik indoor maupun di outdoor. Untuk memotret di malam hari, tak perlu sering-sering gunakan lampu flash jika memotret dengan kamera utama. Namun saat selfie, penggunaan lampu flash akan sangat membantu.

Untuk kamera utama ynag terletak di bagian belakang, memiliki resolusi 16 megapiksel dan bukaan lensa f/1.8 yang mampu memotret gambar dengan detail, apalagi saat pencahayaan mencukupi. Untuk membuat Fokus otomatis pada gambar, prosesnya akan cepat ketika memotret di siang hari. Namun saat kurang cahaya, dibutuhkan tambahan waktu yang tidak sebentar.

Fitur kamera pada Oppo F7 memungkinkan pengguna untuk melakukan zoom sampai 2x, kecuali jika memotret menggunakan mode panorama. Anda tak perlu sering mengunakan fitur yang disebut digital zoom.

Ada enam mode kamera yang bisa digunakan, mulai dari Time Lapse, video, photo, stiker, panorama dan Expert. Dilengkapi juga dengan efek bokeh, Vivid, HDR dan wide angle, yang menu nya terletak di bagian atas layar.

Sayang, Oppo F7 tidak mensupport video 4K tapi maksimum resolusinya sekitat 1080p. Juga tidak ada fitur penstabil video.

Desain


Ketimbang mengadopsi body ratio 18:9 seperti smartphone kebanyan, Oppo F7 memperlebar layar hingga screen to body ratio mencapai 19:9. Bagian atas terpotong sedikit karena mengadopsi desain poni atau notch. 

Di bagian belakang, dilapisi dengan materi plastik yang ‘sparkling’, ditambah tempat pemindai sidik jari berbentuk O. Sedangkan di bagian kiri atas ada kamera dengan lampu flash. Bagian tengah tentu saja ada hiasan brand bertuliskan Oppo.

Oppo F7 memang tidak tipis-tipis amat, hanya 7,8 milimeter, tapi untuk digenggam oleh seorang wanita dengan jari yang lentik, cantiknya akan bertambah dan sisi elegannya akan terpampang nyata. Lagipula ketipisan ini bisa dimaklumi, mengingat Oppo memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, 3.400 mAh. Di sisi kiri ada tombol volume dan di seberangnya adalah tombol aktivasi.

Di bagian bawah ada beberapa lubang. Enam lubang berderet merupakan tempat keluar suara (speaker), disandingkan dengan port charger dan headphone.

Performa


Dari sisi performa, F7 memiliki dapur pacu yang didukung Helio P60. Prosesor ini dibuat melalui proses fabrikasi FinFET 12 nm, merupakan prosesor pertama yang dilengkapi unit processing multi-core AI.

Dari data yang dipaparkan produsen Helio P60, Mediatek, prosesor ini memiliki kemampuan untuk menghemat daya sampai 25 persen, apalagi jika digunakan untuk bermain game. Artinya, untuk bermain AOV, Mobile Legends, sampai Asphalt 8: Airbone atau Need for Speed: No Limits, tak ada isu overheat.

Oppo F7 hadir dengan resolusi 2280 x 1080 dan layar 6,23 inci FHD+ Super Full Screen, memberikan warna yang lebih kaya dan pengalaman visual yang lebih baik. Oppo F7 juga merupakan salah satu smartphone dengan aspek rasio khusus 19:9 yang memberikan area of effect yang lebih luas ketika bermain game.

Bekerja pada Android Oreo 8.1, peranti lunak ColorOS 5.0 memiliki teknologi AI untuk manajemen sistem yang lebih baik.Dengan demikian, F7 memiliki performa 80 persen lebih baik daripada F5 ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Dengan segala kecanggihan AI yang diadopsi untuk kamera, ditambah kapasitas baterai yang besar, merekomendasikan Oppo F7 untuk para penggemar selfie akut yang sekaligus penggemar game online.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...