Eksbis

Harga Bahan Olahan Karet Turun Jadi Rp22.200 Perkilogram

PEKANBARU - Dinas Perkebunan Provinsi Riau merilis harga Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar). Adapun harga bokar di tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) tidaklah sama alias berbeda.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan untuk harga yang disajikan ini berdasarkan harga hasil lelang setiap komoditi di daerah dan dirangkum oleh Disbun.

"Untuk komoditi perkebunan selain sawit tidak ada regulasi yang mengaturnya untuk kita tetapkan seperti harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. Jadi sifatnya kita hanya merangkum harga di daerah saja sesuai hasil lelang/penjualan komoditi mereka," ujar Defris, Rabu (9/6/2021).

Disampaikan Defris untuk harga bokar di tingkat petani/Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kabupaten Kampar sebesar Rp11.600,-/kg mengalami kenaikan sebesar Rp200,-/kg dari harga minggu lalu.

"Untuk tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hulu sebesar Rp11.110,-/kg mengalami kenaikan sebesar Rp123,-/kg dari harga minggu lalu. Di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp12.000,-/kg mengalami kenaikan harga sebesar Rp1000,-/kg, sedang untuk tingkat UPPB di Kabupaten Kuansing harga bokar sebesar Rp12.200,-/kg masih sama dengan harga minggu lalu. Selanjutnya di tingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp10.900,-/kg mengalami penurunan harga sebesar Rp200,-/kg," ujar Defris.

Kemudian untuk harga bokar di tingkat pabrik acuan yakni Gapkindo dengan Kadar Karet Kering atau KKK 100 persen untuk minggu ini sebesar Rp22.200 mengalami penurunan harga dari minggu lalu sebesar Rp600/kg.

"Kita Dinas Perkebunan Provinsi Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga di tingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...