News

Khatam perdana YTM, Ustadzah Susi : Visi Kami Melahirkan Penghafal Qur'an

Kepala KUA Pangkalan Kerinci H Sudur S.Fil.I menyematkan medali kepada wisudan Khatam Al Qur an Juzz 30

PELALAWAN - Yayasan Tahfidz M Nurhasan (YTMN) yang berlokasi di jalan Cinta Damai Pangkalan untuk pertama kali nya menggelar khatam Al Qur an Juzz 30, Sabtu (26/2/2022).

Lantunan surat Al Baqarah (1-5) yang dilantun kan oleh santriwan Siddiq mengawali rangkaian acara khatam Al Qur an Juzz 30 kali ini.

Ketua Yayasan Tahfidz M Nurhasan Ustadzah Susi Zubaidah SE menyebutkan ada 9 santri yang di wisuda, kesemuanya telah memiliki hafalan Al Qur an yang terkandung di dalam Juz 30 atau disebut juz Amma dengan penguasaan 37 surat yang dimulai dari Surat An Naba sampai surat An Nas.

"Alhamdulillah, pada hari ini, di pondok Tahfidz M Nurhasan ini, untuk pertama kali nya kita melaksanakan wisuda santri khatam hafalan Qur an juz 30. Ini terasa sangat luar biasa karena usia pondok Tahfidz kita ini baru seumuran jagung, pada hari ini sempena milad kita yang pertama,"sebut Ustadzah Susi, sabtu (26/2/2022)

Bagi pengurus yayasan, khatam perdana terasa sangat istimewa, para wisudawan dan wisudawati hafalan juz 30 ini memberi energi positif bagi pengurus yayasan untuk terus semangat melahirkan generasi generasi yang cinta Al Quran, sesuai dengan visi Yayasan Tahfidz Quran Muhammad Nurhasan yakni melahirkan penghafal Al Quran. 

"Para santri yang ikut wisuda pada hari ini memberi semangat bagi kami pengurus Tahfidz untuk terus mengembangkan diri dalam memajukan syiar Islam, mencetak hafidz dan Hafidzah yang baik, yang bukan saja maju di hafalan Al Quran, namun dapat pula mengaplikasikan nilai nilai Al Quran dalam kehidupan kelak yang penuh tantangan zaman namun tetap selalu bersendikan nilai nilai Qur'ani," sambungnya

Keberhasilan mengantarkan para santri dalam menghafal juz 30 ini tidak terlepas dari dukungan yang sangat luar biasa dari para orang tua, yang dengan sabar dan tak kenal lelah antar jemput anak untuk mempelajari Islam di yayasan Tahfidz M Nurhasan.

"Anak anak yang diwisuda hari ini, yang telah hafal 37 surat Juz Amma di tambah Surat Alfatihah adalah anak anak yang beruntung karena berasal dari keluarga yang cinta Al Quran. Karena niat para orang tua jualah yang ingin melihat anaknya jadi hafidz dan Hafidzah, hari ini ada wisuda Tahfidz di sini," kata Ustadzah Susi

Dikesempatan yang sama, Ustadzah Susi juga memberikan apresiasi yang tidak terhingga kepada Pembina Yayasan Ustadz Ashabul Yamin dan segenap ustdzah ustadzah yang telah tulus ikhlas membagikan ilmu ilmu mereka kepada para santri sekalian. Dengan sabar membimbing santri mengeja dan melancarkan bacaan Quran nya.

Dari tangan dingin para ustdzah dan ustadzah di Tahfidz M Nurhasan, ayat ayat suci Al Quranyang dengan lancarkan dilantunkan dan tersimpan di hafal oleh para santri.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pangkalan Kerinci H Sudur, S.Fil.i., M.Pd.i dalam sambutannya memberi apresiasi yang tinggi atas hadirnya Yayasan Tahfidz Muhammad Nurhasan yang memiliki visi mulia untuk melahirkan para penghafal Al Qur an. 

"Sesuai dengan visi Tahfidz Muhammad Nurhasan ini untuk melahirkan penghafal Al Quran, kami memberikan apresiasi yang setinggi ya kepada pengurus dan pembina yayasan yang telah menggerakkan segala kemampuan untuk menghidupan pondok Tahfidz ini, semoga disini lahir para hafidz dan Hafidzah handal,"kata H Sudur

Lebih lanjut dikatakannya, para penghafal Quran sangat dibutuhkan negeri ini untuk membangun kehidupan masyarakat yang penuh keberkahan.

"Para santri penghafal Qur an itu akan membawa keberkahan bagi keluarga, bagi lingkungan dan negara dan bangsa. Beruntung ayah bunda yang anandanya ada disini, di Tahfidz ini," lanjutnya

Mantan Kepala KUA Kuala Kampar ini menaruh optimisme perkembangan syiar Islam yang lebih baik di tangan para pengurus dan pembina yayasan Muhammad Nurhasan.

Cita cita besar yayasan serta ditunjang oleh kemempuan pembina ustadz Ashabul Yamin yang tidak diragukan lagi serta dedikasi dari para pendidik, ustadz dan ustadzah yang dengan tekun dan sabar dalam membimbing para santri.

"Beruntung Tahfid Muhammad Nurhasan ini di asuh oleh pembina seorang qori dan hafidz, insya Allah bacaan dan hafalan para santri menjadi lebih baik, bisa di bina dan dipersiapakan sebagai peserta MTQ," imbuhnya

H Sudur juga mengungkap terima kasihnya kepada pengurus Tahfidz yang telah mendukung program Pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam program "Satu Masjid Satu Hafidz" di seluruh wilayah Kabupaten Pelalawan.

Keberhasilan program tersebut akan terwujud jika didukung oleh timbuh kembangnya lembaga lembaga Tahfidz Qur an yang dikelola dengan baik.

"Pemerintah daerah dan Kemenag tengah berusaha mencetak imam di masjid masjid yang hafidz, dengan adanya Yayasan Tahfid Muhammad Nurhasan ini telah mendukung program yang kami galakkan," tandasnya

"Dimana Apa Qur itu berada akan memulikannya, turun di Mekkah dan Madinah menjadi kota itu Suci, Semoga al quran yang di hafal anak anak akan memuliakan anak anak dan ayah bunda sekalian."pungkasnya

Acara pemungkas wisuda Tahfidz dengan penampilan bersama Para santri yang diwisudaa melantunkan surat Annaba 1- 40, serta satu persatu wisuda di tes hafalannya oleh ustadz Ahabul Yamin.

"Alhamdulillah, setelah kita test hafalan surat nya dan tes sambung ayat, alhamdulilah semua nya lulus,"kata Pembina Yayasan Ustadz Yamin

Kepada para santri diharapkan meningkatkan kemampuan hafalannya pada juz jus selanjutnya. Serta kepada santri yang belum khatam juz 30 tahun ini dapat ikut khatam di tahun depan.

"Tingkatkan terus hafalannya, jus juz selanjutnya. Dan kepada santri kami yang lain dapat ikut khatam tahun depan," harap Ustazd Yamin.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected]m / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...