News

Firdaus-Ayat Raih Segudang Prestasi Selama Pimpin Pekanbaru

PEKANBARU - Dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi S.Si, Kota Pekanbaru menjelma menjadi salah satu kota besar dan berkembang pesat di Indonesia. Kemajuan di berbagai sektor semakin terlihat sejak 10 tahun terakhir. Berawal dari tahun 2012 atau sejak diberi amanah oleh masyarakat untuk memimpin Ibukota Provinsi Riau, Firdaus-Ayat sudah berpikir jauh ke depan dengan merencanakan pembangunan berbasis superblock. Melalui konsep penataan ruang di perkotaan yang memaksimalkan fungsi lahan ini, Firdaus-Ayat merancang hadirnya kota-kota baru di wilayah Kota Pekanbaru sebagai upaya meng-influence pertumbuhan wilayah yang baru 30 persen disentuh pembangunan.

Pengembangan wilayah kota itupun mulai terealisasi pada periode kedua, 2017-2022. Yang mana, pusat pemerintahan Kota Pekanbaru dari tengah kota di Jalan Jenderal Sudirman, dipindahkan ke kawasan pinggiran di Kecamatan Tenayan Raya. Di atas areal seluas 100 hektare, dibangun komplek perkantoran baru yang sekarang telah menjadi kawasan pemerintahan yang terintegrasi satu dengan yang lainnya. Tidak hanya itu, di Tenayan Raya yang juga telah menjadi Kota Baru ini ada 3.000 hektare lebih lahan yang disiapkan sebagai Kawasan Industri Tenayan (KIT). Kawasan yang masuk dalam proyek strategis nasional ini berada di pinggir Sungai Siak sebagai sungai terdalam di Indonesia.

Selain membentuk kota-kota baru untuk pemerataan pembangunan, Firdaus-Ayat juga menyusun konsep pembangunan terintegrasi dengan kabupaten yang berbatasan langsung yang diberi nama Pekan Sikawan. Pekan Sikawan merupakan anonim dari Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan yang merupakan wilayah perbatasan langsung dengan Kota Pekanbaru.  Ada banyak potensi pembangunan terintegrasi sesuai cita-cita Walikota Pekanbaru Firdaus. Mulai dari bidang infrastruktur seperti Jalan Lingkar, transportasi yang terintergrasi, pembangunan kawasan indutsri hingga rencana pembangunan Aerocity yang akan menjadi bandara dengan wilayah terbesar di Riau.

Sementara di bidang pelayanan, Firdaus-Ayat membangun Mal Pelayanan Publik atau MPP guna memberikan banyak kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan penilaian Kementerian PAN-RB, MPP Pekanbaru merupakan Mal Pelayanan Publik terlengkap di Indonesia yang memberikan layanan baik secara online maupun konvensional. Saat ini, MPP Pekanbaru menjadi pusat rujukan daerah di Tanah Air yang ingin membangun MPP. Selanjutnya di bidang keagamaan, Firdaus-Ayat membentuk 100 Masjid Paripurna yang tersebar di seluruh kecamatan dan kelurahan, serta ada juga program Magrib Mengaji. Kemudian di bidang pendidikan, Firdaus-Ayat terus meningkatkan fasilitas dan membangun sekolah baru sesuai kewenangan pemerintah kota yakni di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan, saat ini di akhir-akhir masa jabatannya, Firdaus tengah berupaya mendirikan Politekni yang setara dengan universitas guna mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas.

Sedangkan di bidang transportasi, pemerintah kota mengoperasikan sebanyak 75 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). TMP atau yang biasa disebut sebagai Transmetro atau Busway ini merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) cepat yang dioperasikan sebagai upaya meningkatkan pelayanan transportasi bagi warga di Ibukota Provinsi Riau. Pengoperasian bus TMP sendiri berawal saat ditetapkannya Pekanbaru sebagai Kota Percontohan Transportasi oleh Departemen Perhubungan melalui SK 111 tahun 2007, sehingga Pekanbaru masuk salah satu dari enam kota yang ditunjuk sebagai Kota Percontohan di Indonesia di bidang penyelenggaraan angkutan perkotaan. Guna meningkatkan kemampuan masyarakat untuk terlibat langsung dalam setiap kegiatan pembangunan, Walikota Pekanbaru Firdaus juga melucurkan program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW), serta masih banyak lagi pembangunan di berbagai sektor lainnya.

Raih Segudang Prestasi

Langkah besar dari Tangan Dingin Firdaus-Ayat dalam upaya membangun dan pengembangan Kota Pekanbaru ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Terbukti sejak periode pertama 2012-2017 hingga periode kedua 2017-2022, Firdaus-Ayat telah berhasil membawa Kota Pekanbaru meraih sebanyak 87 penghargaan di tingkat provinsi dan nasional. Khusus untuk tingkat nasional, berikut penghargaan yang didapatkan Pemko Pekanbaru dan juga diberikan khusus kepada Walikota Pekanbaru Firdaus.

1. Penghargaan Walikota Inspiratif (2016) dari SIndo Weekly.

2. Penghargaan Walikota Enterpreneur Award 2017 dari Markplus Inc.

3. Predikat Pemimpin Visioner bagi Walikota Pekanbaru Firdaus, dari Pimpinan MNC Group dalam acara The Power of Collaboration di Jakarta.

4. Penghargaan Achievement of Waste Management di Bali oleh Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Kopitu).

5. Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Berkinerja Terbaik Dalam Pengembangan Kota Sebagai Tujuan Investasi.

6. Penghargaan atas Dedikasi dalam Pengembangan Peran Masjid di Kota Pekanbaru.

7. Penghargaan Pembina Pelayanan Publik Terbaik Tingkat Nasional.

8. Penghargaan Nirwasita Tantra Award.

9. Piala Adicita Sewaka Pertiwi.

10. Terbaru, Penghargaan Terbaik Satu atas prestasi Walikota Firdaus menjadikan Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru sebagai Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Kemudian penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kota yakni Kota Sangat Inovatif, Kota Digital, Kota Tangguh, Wahana Tata Nugraha, Adipura Kategori Kota Bersih, Sekolah Sehat Tingkat Nasional, Penghargaan Adiwiyata, Penghargaan Government Award, serta Kota Berdaya Saing Sangat Tinggi dan Peringkat Tujuh dari 100 Kota Smart di Indonesia.

Lalu ada juga penghargaan sebagai  Kota Tujuan Investasi Terbaik di Indonesia 8 tahun berturut-turut sejak 2014, kota dengan jumlah penduduk miskin terendah di Indonesia, kota yang memiliki perputaran uang terbesar di luar Pulau Jawa, serta kota yang memiliki MPP terlengkap di Indonesia.

Selanjutnya Kota Layak Anak, Indonesia Attractiveness Award, Bhumandala Award, Anugerah Pesona Indonesia, Natamukti ICSB Indonesia City Awards, Penghargaan Sasana Anubhawa, Penghargaan APE, Anugerah Kencana, Penghargaan Unggulan Destinasi Wisata Halal, Penghargaan Manggala Karya Kencana, Kota Layak Pemuda dan Swasti Saba atau Kota Sehat.

Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia, Anugerah Meritokrasi, Posko PPKM Terbaik, Penghargaan Capaian Vaksinasi Tertinggi dari Wakapolri, Kota Terbaik II Kategori Bidang Bina Marga Penghargaan Pekerjaan Umum, serta Kota Terbaik III Bidang Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan.

Capaian ini membuktikan bahwa kepemimpinan Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT dan Wakil Walikota H Ayat Cahyadi S.Si, telah berhasil memimpin dengan membawa banyak perubahan dan kemajuan di Ibukota Provinsi Riau.(adv)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...