Porwil Sumatera XI Diharapkan Tingkatkan Prestasi Olahraga

Plt Gubri: Jaga Marwah Riau Pertahankan Juara Umum

PEKANBARU - Walaupun diguyur hujan acara puncak pembukaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Riau, di halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu (4/11) malam, tetap berjalan meriah dan lancar, serta khidmat. Bahkan ribuan masyarakat memadati halaman kantor Gubernur Riau, untuk menyaksikan langsung acara pembukaan yang menghadirkan artis Trisuaka.

Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB ini, dimulai dengan penampilan tari kolosal yang melibatkan lebih dari 400 penari dari siswa/Siwi SMP yang ada di Kota Pekanbaru. Dilanjutkan dengan penampilan soundtrack lagu “Berani Juara” dari  siswa SMA 1 Rokan Hilir. Dan dilanjutkan dengan penampilan marcingband Satpol PP Rokan Hulu. Dan diikut dengan defile kontingen dari 8 Provinsi se Sumatra yang tampil pada Porwil Sumatera XI.

Opening Ceremony Porwil Sumatera XI Riau 2023 dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), yang diwakilkan oleh Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera. Turut jug hadir pada acara pembukaan Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Wakil Ketua I KONI Pusat, Suwarno, Wakil Ketua III KONI Pusat, Andri Tardiwan Sutarto, Ketua umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, Katua PB Porwil Joni Irwan. Dan tampak hadir pula hadir para Gubernur Riau pada masanya, Saleh Djasit, Wan Abubakar, Anas Maamun, serta Syamsuar.

Dalam sambutannya, Dwijayanto Sarosa mengatakan, Porwil Sumatera XI Riau 2023 merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera, sekaligus sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

“Dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045, terangnya, pemerintah telah menetapkan peraturan Presiden nomor 86 tahun 2021 yaitu tentang desain besar olahraga nasional (DBON). Dimana didalam DBON merupakan arah pembangunan olahraga nasional yang terencana, terukur, terarah, dan berkesinambungan,” Dwijayanto Sarosa.

“DBON memiliki 4 pilar utama, yaitu peningkatan prestasi olahraga, peningkatan partisipasi masyarakat dalam berolahraga melalui pilar olahraga rekreasi, peningkatan ekosistem olahraga melalui pilar industri olahraga, dan yang terakhir peningkatan sumber daya manusia melalui pilar olahraga pendidikan," tambahnya.

Dijelaskannya, Porwil Sumatera XI Riau 2023, adalah merupakan salah satu bagian dari upaya untuk mewujudkan pilar prestasi olahraga. Ajang ini, lanjutnya, merupakan kesempatan bagi para atlet untuk menunjukkan kemampuan terbaik dan meraih prestasi yang membanggakan

“Saya berharap Porwil Sumatera XI Riau 2023 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera, dan saya berharap seluruh atlet yang berlaga dapat menjadi inspirasi untuk masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam berolahraga. Selamat bertanding, dan sukses untuk Porwil Sumatera XI 2023,” katanya.

“Saya yakin dengan kerja keras, semangat pantang menyerah dan menjunjung tinggi sportifitas, para atlet dapat memberikan penampilan terbaik dalam meraih prestasi yang membanggakan. Semoga Porwil tahun ini berjalan lancar dan sukses, dengan mengucapkan Bismillah Porwil Sumatera XI Riau 2023 dengan ini secara resmi dibuka," jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution, mengatakan, bahwa kontingen Riau harus mampu meraih juara umum di ajang Pekan Olahraga Wilayah Sumatera XI Riau 2023. Menurutnya, kontingen Riau harus optimis bertanding menang untuk mengharumkan nama daerah. Dalam menjalankan pertandingan atau pelaksanaan Porwil, Plt Gubri juga meminta kepada seluruh kontingen untuk menjaga marwah Riau. Kemudian, juga mampu mengedepankan sopan santun dan menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding.

“Jadi pesan kita semangat, optimis jadi juara umum sesuai yang kita harapkan bersama. Riau merupakan budaya melayu yang sangat ramah dan menghormati tamu, untuk itu jaga marwah kita dan nama baik daerah kita sebaik baiknya," kata Edy Natar.

Sebagai tuan rumah, Riau juga berkomitmen menjalankan amanah yang telah diberikan KONI Pusat kepada Pemprov Riau. Di mana ada empat hal yang harus dicapai yaitu, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi.

"Sekali lagi saya harapkan pertahankan prestasi juara umum di Porwil ini dan ciptakan prestasi sebaik mungkin untuk menuju iven lebih besar kedepannya," tegas Edy Natar Nasution, yang baru saja menjabat sebagai Plt Gubernur Riau.

Terpisah, Ketua PB Porwil Sumatera XI Riau Joni Irwan, dalam laporannya, di Porwil XI Sumatera ini, mempertandingkan 10 cabang olahraga. Sepuluh cabor itu adalah, sepakbola, sepak Takraw, bola tangan, voli Indoor, renang, atletik, wushu, barongsai, catur, dan e-sport. Dengan jumlah atlet 1.288 atlet dan 662 official yang akan bertanding pada porwil Sumatera XI Riau 2023.

Usai acara defile kontingen dan pembukana oleh Menpora. Dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir Porwil Sumatera, yang diserahkan oleh Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, kepada PB Porwil Joni Irwan untuk selanjutnya diperebutkan kembali oleh 8 Provinsi se Sumatera. Dan dilanjutkan dengan penyalaan api Porwil Sumatera, oleh mantan atlet berprestasi Riau, diiringi juga langsung dengan penyalaan ribuan kembang api yang menghiasi langit di halaman Kantor Gubernur Riau.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...