Piala AFF Putri U-16

Sempat Unggul, Thailand Gulung Indonesia

Bek Timnas Putri U-16, Jasmin Sefia menjadi satu-satunya pencetak gol ke gawang Thailand. (sumber;internet)

PALEMBANG - Timnas Putri Indonesia U-16 harus mengakui kedigdayaan Timnas Thailand dalam gelaran Piala AFF Putri U-16 2018, yang digelar di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Rabu (2/5/2018), dengan skor telak 1-4.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia sempat unggul terlebih dahulu dari Tim Gajah Putih tersebut. Sejak peluit pertama dibunyikan oleh wasit Bui Thi Thun Trang dari Vietnam, Indonesia terus melakukan serangan kepada tim tamu.

Bahkan, di menit kedua, Indonesia berhasil menciptakan gol dari sepakan Jasmin Sefia. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Keunggulan Indonesia tidak menyurutkan semangat Thailand.

Semangat Thailand terpecut pasca terjadinya gol pertama tersebut. Alhasil, gempuran dari segala lini cukup membuahkan hasil. Pada menit 22, Janista Jinantuya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tak sampai disitu, Thailand kembali menjebol gawang di menit 27 lewat tendangan Crathaya Pratumkul. Skor pun berubah 2-1 untuk keunggulan Thailand.

Di babak kedua, Indonesia semakin terpuruk, dengan gelombang serangan yang tiada henti dari Thailand. Lagi lagi, dua gol kembali bersarang di gawang Indonesia, terakhir melalui sepakan Suchada di menit 73.

Pelatih Timnas Putri Indonesia U-16, Rully Nere mengaku jika anak-anak asuhnya lupa bertahan setelah berhasil unggul dari tim lawan. Ia mengakui, permainan Thailand sangat baik dengan pola serangan yang tersusun matang, berbeda halnya dengan Indonesia.

"Persiapan kita hanya lima minggu, apalagi Thailand juara bertahan di tambah kondisi lapangan yang diterpa hujan," katanya saat konfrensi di Stadion Bumi Sriwijaya.

Menurutnya, kendala lain Indonesia adalah banyaknya pemain baru yang berasal dari tim futsal sehingga belum terlalu efektif di sepakbola.

"Ada empat pemain baru, tiga di antaranya diambil dari tim futsal karena timnas kita kekurangan pemain," ujarnya.

Dengan kondisi seperti ini tentunya perlu persiapan lebih lama lagi. Meskipun begitu, ia mengaku akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk pertandingan berikutnya.

"Nantinya yang akan kami benahi yakni dari sisi kiper karena kipernya berasal dari tim futsal sehingga belum terbiasa untuk menangkap (bola)," ujarnya.

Sementara itu, kapten Timnas Putri Indonesia U-16, Safira Ika Putri Kartini menambahkan, sejak menit awal memang ia bersama rekan-rekannya berambisi untuk menyerang, sehingga lupa bertahan dan banyak ruang yang kosong.

"Kondisi ini dimanfaatkan Thailand untuk menyerang dan menciptakan gol," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...