OtoTech

Menurut Alquran, Bulan Penunjuk Waktu Manusia

Bulan sabit. (sumber;internet)
JAKARTA - Pergantian waktu siang dan malam secara kasat mata memang menjadi penentu bagi manusia dari perubahan waktu siang dan malam. Namun menurut Alquran Matahari dan Bulan telah dijadikan sebagai standar perhitungan waktu hari, bulan dan tahun bagi manusia.
 
Penelitian astronomis juga telah membuktikan bahwa bulan berputar mengelilingi bumi sekali dalam sebulan. Bulan juga diketahui berputar pada porosnya dalam masa yang sama dengan masa revolusinya tersebut.
 
Hal itulah yang terkadang membuat manusia hanya bisa melihat satu sisi permukaan bulan saja. Bulan pada dasarnya mengelilingi dan berotasi pada porosnya pada satu waktu dan masa yang sama yakni 29 hari 8 jam. Artinya manusia pada lokasi tertentu di bumi selama hidupnya hanya akan melihat purnama pada satu sisi saja dan ia tidak akan pernah melihat sisi bulan yang lain.
 
Berikut beberapa ayat Alquran yang menjelaskan bulan dan matahari sebagai penanda waktu bagi manusia.
 
"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui," Surat Yunus ayat 5.
 
Dalam surat Ar-Rahman ayat 5 juga disebutkan bahwa "Matahari dan bulan beredar menurut perhitungannya,"
 
Surat Al-Anam ayat 96 juga menegaskan fungsi matahari dan bulan menjadi penanda bagi manusia untuk menentukan waktu dan perhitungan waktu. ayat tersebut berbunyi: "Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui."



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...