Destinai Wisata

Mendaki Gunung Dalam Sehari, Ini Rekomendasi Tempatnya

Ilustrasi pendaki gunung. (sumber;internet)

IDNJurnal - Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan outdoor yang kini mulai digemari berbagai kalangan. Bukan hanya sekadar menikmati pemandangan alamnya yang indah, kegiatan ini juga dinilai dapat melatih mental, kesabaran, dan digadang-gadang dapat mengubah hidup seseorang.

Tentu dibutuhkan persiapan yang matang agar proses pendakian berjalan lancar, dan Anda pun bisa merasakan sensasi berdiri di atas puncak gunung. Namun bagi Anda yang baru mencoba mendalami dunia pendakian, sebaiknya memilih gunung dengan trek yang tidak terlalu sulit dan dapat ditempuh dalam waktu sehari saja. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (10/5/2018), berikut 5 gunung yang bisa didaki oleh para pemula dan tidak membutuhkan waktu lama.

Gunung Prau

Terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, Gunung Prau merupakan destinasi terbaik bagi bara pendaki pemula yang belum berpengalaman. Untuk mencapai puncaknya, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 3-4 jam saja. Tapi jangan salah, pemandangan yang disajikan tempat ini justru akan membuat Anda terpesona dan berdecak kagum. Setidaknya ada 3 jalur yang bisa Anda lalui untuk mendaki Gunung Prau yakni, jalur Patak Banteng, Dieng Wetan, dan Kalilembu. Para wisatawan umumnya memilih untuk mendaki pada malam hari sehingga keesokannya mereka bisa menikmati sunrise yang spektakuler.

Gunung Bromo

Berbicara soal gunung memang tidak lengkap jika belum membahas Gunung Bromo. Meski gunung ini diperuntukkan bagi semua umur, namun suasana dan pemandangan yang ada disekitarnya akan membuat Anda terhipnotis. Apalagi jika datang sebelum momen Golden Sunrise berlangsung. Deretan gunung dan hamparan padang pasir terlihat spektakuler saat terpapar sinar mentari pagi. Selain itu, wisatawan juga dapat menjajal berbagai atraksi wisata menarik lainnya seperti Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, atau sekadar mengitar area Bromo sambil menunggangi kuda. Perlu diingat bahwa Anda harus mempersiapkan budget berlebih untuk menyiwa mobil jeep. Namun anggaran tersebut bisa dipotong dengan jumlah yang cukup besar jika Anda datang bersama teman atau keluarga.

Gunung Papandayan

Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Barat tentu sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Popularitas Gunung Papandayan memang tengah meningakt setela digunakan sebagai lokasi syuting film maupun video klip beberapa penyanyi papan atas Indonesia. dengan ketinggian 2.665 mdpl, Anda bisa mencapai puncak Papandayan dalam kurun waktu kurang dari satu hati. Seperti karakteristik gunung pada umumnya, di Gunung Papandayan Anda bisa menemukan hamparan pada Edelweis yang luas serta menjelajahi Hutan Mati yang menjadi salah satu tujuan utama para pendaki. Datanglah bersama keluarga atau teman terdekat agar suasana pendakian menjadi lebih menyenangkan.

Gunung Sindoro

Bergeser kembali ke daerah Jawa Tengah, tepatnya di Temanggung yang berbatasan langsung dengan Magelang dan Wonosobo, Gunung Sindoro juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan yang ingin merasakan sensasi mendai gunung. Dari puncaknya Anda bisa melihat keindahan alam yang begitu memesona dengan latar belakang Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, hingga Gunung Merapi yang berlokasi di Yogyakarta.

Gunung Andong

Gunung terakhir yang bisa Anda daki hanya dalam waktu sehari adalah Gunung Andong. Anda bahkan bisa mencapai puncaknya dengan melakukan perjalanan sekitar 1,5 - 2 jam saja. Meski memiliki ketinggian yang cukup rendah yakni 1.726 meter dari permukana laut, gunung yang terletak di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi menyiapkan kebutuhan makanan dan minuman sebagai bekal pendakian. Namun perlu diingat, jika Anda memilih untuk tidak berkemah di kawasan gunung tersebut, atau langsung turun setelah mencapai puncaknya, pastikan bahwa kondisi fisik Anda cukup prima.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...