Tips & Trik

Waspada! Pesan WhatsApp Ini Jangan Dibuka

Ilustrasi pesan yang jangan dibuka atau ponsel akan rusak. (sumber;internet)

JAKARTA - Para pengguna WhatsApp diimbau untuk berhati-hati. Pasalnya, kini beredar pesan berisi bug pada aplikasi chatting ini yang dapat merusak smartphone.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (12/5/2018), pesan spam yang beredar adalah "This is very Interesting! ...Read More" ditambah dengan emoji tertawa hingga mengeluarkan air mata. Masalah akan terjadi setelah si penerima tidak sengaja menekan pesan tersebut.

Di dalam pesan tersebut terdapat simbol tersembunyi di antara spasi yang mana berupa malware. Bila ditekan dampak yang terjadi bisa beragam di masing-masing ponsel. Ada yang sebatas hang, tetapi sejumlah kejadian menyebabkan bootloop. Sekadar informasi, bootloop adalah kejadian di mana perangkat tak bisa masuk ke dalam sistem operasi. Masalah ini bisa dilihat dari ponsel yang gagal dinyalakan dan hanya menampilkan logo secara berulang-ulang. 

Selain pesan di atas, ada juga berisi suruhan untuk mengetuk bagian pesan bergambar titik hitam besar. Apabila si penerima tidak sengaja mengetuk titik hitam tersebut --dikenal dengan istilah black dot of death-- akan mengubah teks menjadi html, yang berarti data pengguna telah berhasil dicuri dan akan membuat smartphone hang.

Upaya konfirmasi kepada pihak WhatsApp akan hal ini masih terus dilakukan oleh para pengguna. Sejauh ini belum ada tanggapan dan belum diketahui berapa lama waktu yang diperlukan pihak WhatsApp untuk menyelesaikan masalah ini. Sembari menunggu, jika mendapatkan pesan seperti itu, baiknya diabaikan saja demi mencegah kerusakan ponsel.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...